Akhlak

Buku Pribadi Akhlakul Karimah

Judul lengkap: Pribadi Akhlakul Karimah
Penulis: A. Fatih Syuhud
Penerbit: Pustaka Al-Khoirot, Malang.
Tahun terbit cetakan pertama: Maret 2010
Tahun terbit cetakan kedua: Januari 2015
Harga versi cetak: 30.000
VERSI DIGITAL
Download pdf: 20.000 https://payhip.com/b/DxmC
Google Play Store: https://goo.gl/hPvDQF
Google Books: https://goo.gl/Em6Wwd
Kontak: info@alkhoirot.com
Kontak WA: 0815-5325-6855

Kumpulan tulisan di tahun 2009-2010 yang menjadi buku dengan judul Pribadi Akhlakul Karimah (Pustaka Alkhoirot:2010). Artikel-artikel ini pernah dimuat di 4 buletin Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang.

Buku Pribadi Akhlakul Karimah adalah buku yang membahas tuntas bagaimana cara menjadi seorang muslim yang memiliki akhlak seperti Rasulullah yaitu akhlak syariah, akhlak universal dan akhlak lokal. Ditulis oleh A. Fatih Syuhud dan diterbitkan oleh Pustaka Al-Khoirot Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang, Maret 2010.

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI BUKU PRIBADI AKHLAKUL KARIMAH
KATA PENGANTAR

BAB I: AKHLAK PERSONAL

BAB II: AKHLAK KEPEMIMPINAN

BAB III: AKHLAK POLA PIKIR (MINDSET) DAN PERILAKU

BAB IV: PENUTUP


PENGANTAR PENULIS

Bismillah, washshalatu wassalamu ala Rasulillah.

Kata akhlak menurut bahasa adalah budi pekerti atau kelakuan. Kata akhlak berasal dari bahasa Arab akhlaq, yang merupakan bentuk jamak (plural) dari khuluq, yang sebenarnya memiliki beragam makna yang terkadang tidak identik seperti budi pekerti, tabiat, perangai, harga diri (muru’ah), marah, dan agama. Dalam Al Quran, kata akhlaq dengan makna budi pekerti disebut dalam bentuk tunggal (mufrad) yaitu khuluq (QS Al Qalam 68:4).

Pemakaian kata akhlak dalam bahasa Indonesia mungkin diilhami oleh sebuah Hadits Nabi yang sangat populer yaitu bu’itstu li utammima makarimal akhlaq (aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulya) dari kata makarim al akhlaq ini kemudian muncul istilah “akhlakul karimah” dalam kosa kata bahasa Indonesia. Sementara Al Quran memakai istilah al akhlaq al adzimah dengan konotasi makna yang sama seperti tersirat dari pengertian QS Al Qalam 68:4.

Secara terminologis, akhlakul karimah bermakna perilaku ideal seorang muslim seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Memahami makna terminologis (istilahi) dari akhlakul karimah tentu tidak sesulit memahami kandungan detail dari definisi itu. Sederhananya, apa saja perilaku atau budi pekerti yang membuat seseorang layak disebut ber-akhlakulkarimah?

Isi buku ini merupakan sejumlah mozaik dari sekian banyak akhlakul karimah yang menurut pendapat penulis layak untuk diprioritaskan.

Semoga buku kecil ini dapat menyumbangkan tambahan wawasan dan mindset positif bagi yang membacanya.

Tak lupa ucapan terima kasih yang tulus saya sampaikan kepada semua pihak. Khususnya kepada adinda H. Ja’far Sodiq Syuhud dan Pustaka Alkhoirot yang telah menerbitkan buku ini. Kepada Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Alkhoirot, khususnya KH Zainal Ali Suyuthi, yang selalu mendukung penuh segala program positif pesantren, termasuk penerbitan buku ini. Kepada Syamsul Arifin dan Imam Suhrowardi yang telah bersusah payah mengedit dan mendesain cover buku ini. Jazakumullah Ahsanal Jaza’

Akhirnya, kritik dan saran selalu saya harapkan untuk perbaikan isi buku ini selanjutnya.

Wallahul muwaffiq ila aqwamit thariq
Karangsuko, 11 Februari 2010

A. Fatih Syuhud
Email: info@alkhoirot.com
Website: www.fatihsyuhud.com, www.fatihsyuhud.net, www.fatihsyuhud.org

One thought on “Akhlak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.