10 Cara Agar Istri Disayang Suami

10 Cara Agar Disayang Suami

10 Cara Agar Disayang Suami

10 Cara Agar Istri Disayang Suami
Oleh A. Fatih Syuhud

Seorang istri yang disayang suami sebagian besar tidak ditentukan oleh seberapa lama suami dan istri saling mengenal sebelum menikah. Karena begitu banyak perceraian terjadi dilakukan oleh pasangan yang sudah pacaran cukup lama. Rasa sayang suami pada istri lebih banyak ditentukan oleh perilaku istri selama menjalin rumah tangga. Berikut 10 (sepuluh) hal yang akan membuat rasa sayang suami terus bertambah.

Pertama, perawan. Ini hal pertama dan terpenting. Bagi perempuan yang statusnya belum pernah menikah, menjaga keperawanan itu maha penting. Semua calon suami menginginkan calon istrinya masih perawan. Banyak sebab yang melatarbelakangi sikap ini, tapi yang terpenting keperawanan itu berarti belum pernah berzina. Islam melarang laki-laki muslim menikahi wanita yang pernah berzina (QS An-Nur 24:3).

Kedua, setia. Kesetiaan paling mendasar adalah tidak berzina dengan pria lain.  Termasuk dalam makna setia adalah tidak melakukan hubungan komunikasi apapun dengan lelaki lain tanpa seijin dan sepengetahuan suami. Baik dalam bentuk hubungan komunikasi langsung atau hanya melalui telpon, SMS, chatting via Facebook, Twitter, BBM (Blackberry Messenger), YM (Yahoo Messenger) dan alat komunikasi apapun yang ada.

Ketiga, sabar. Istri yang tidak sabaran akan kehilangan aura di mata suami karena akan terlihat wajahnya yang tidak cerah, bersikap dingin dan bahasa tubuh yang tidak menyenangkan..

Keempat, apresiatif. Selalu memberi apresiasi atau penghargaan pada pekerjaan yang dilakukan suami. Berapa pun hasilnya itu tidak penting. Suami adalah kepala keluarga dan ia ingin diperlakukan seperti itu. Walaupun seandainya penghasilan istri lebih tinggi itu bukanlah alasan bagi istri untuk merendahkan suami baik secara lisan atau dalam perilaku.

Kelima, minta ijin dan minta maaf. Selalu meminta ijin suami saat akan keluar atau melakukan sesuatu dan meminta maaf saat melakukan kesalahan  akan membuat suami merasa dihargai dan dihormati. Itu semua akan menyejukkan hati suami.

Keenam, terbuka dan transparan. Selalu terbuka dan tidak pernah menyembunyikan sesuatu rahasia di belakang suami adalah cara terbaik untuk menanamkan rasa kepercayaan (trust) suami pada istri. Salah satu pemicu konflik adalah tipisnya kepercayaan.

Ketujuh , tidak membandingkan. Jangan membandingkan suami dengan siapapun dalam bidang apapun sekiranya hal itu akan merendahkan suami atau menyinggung perasaanya.. Terutama menyangkut soal fisik, rezeki atau perilaku. Baik perbandingan secara langsung atau tidak. Contoh, memuji pria lain di depan suami itu sama dengan perbandingan secara tidak langsung.

Kedelapan, diam saat marah. Kata sebuah hadits qul khairan aw liyasmut. Katakan yang baik-baik tentang suami atau diam. Saat emosi sedang tinggi, jangan keluarkan sepatahkata pun pada suami. Dalam situasi seperti ini, diam itu emas. Dan berbicara itu penyakit yang bisa sangat berbahaya.

Kesembilan, mejadi solusi. Saat suami dalam kesulitan ekonomi, istri tidak banyak menuntut. Sebaliknya, justru mencari alternatif untuk mengatasi kesulitan secara bersama-sama dengan  membuka usaha atau bekerja. Istri hendaknya menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah.

Kesepuluh, nasihat dan kritik pada waktunya. Suami juga manusia, ada kalanya salah dan khilaf. Saat suami salah, ia juga butuh nasihat istri. Tapi ingat, jangan Yang harus diingat, janan menasihati atau menegur kecuali pada  momen yang tepat, tempat yang pantas dan dengan cara yang pas pula. Gunakan sependek mungkin kata-kata, yang penting pesan sudah sampai.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>