Apakah Jamaah Tabligh Gerakan Sesat?

Apakah Jamaah Tabligh Gerakan Sesat? Ulama Wahabi Salafi menganggap Jamaah Tabligh adalah gerakan sesat. Sedang ulama Sunni lain seperti Yusuf Qardhawi dan Wahbah Zuhaili menganggap JT sebagai gerakan dakwah yang sangat baik.
Oleh  A. Fatih syuhud
Ditulis untuk Buletin Al-Khoirot
Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang

Apakah Jamaah Tabligh (JT) itu gerakan sesat? Pertanyaan ini diajukan oleh salah seorang alumni PP Al-Khoirot sekitar dua bulan lalu melalui SMS.[1]

Pertanyaan tersebut wajar diajukan karena Jamaah Tabligh merupakan gerakan da’wah yang lahir dan berkembang di luar Indonesia, tepatnya di India.  Sehingga tidak banyak santri dan kyai Indonesia yang memahami gerakan da’wah JT saat gerakan ini mulai masuk ke Indonesia.  Apalagi ada pendapat beberapa  ulama Arab Saudi yang menganggap JT sebagai gerakan sesat, bid’ah dan bahkan syirik. Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, misalnya, berfatwa demikian:

“Adapun jama’ah (firqah) tabligh yang terkenal dari India itu, di dalamnya terdapat khurafat-khurafat, bid’ah-bid’ah dan kesyirikan-kesyirikan. Maka tidak boleh khuruj (keluar) bersama mereka. Kecuali kalau ada ulama yang ikut bersama mereka untuk mengajari mereka dan menyadarkan mereka, maka ini tidak mengapa. Tapi kalau untuk mendukung mereka, maka tidak boleh, karena mereka memiliki khurafat dan bid’ah. Dan orang alim yang keluar bersama mereka hendaknya menyadarkan dan mengembalikan mereka kepada jalan yang benar.” [2]

Shaleh Fauzan al Fauzan[3]  memiliki pendapat yang hampir serupa dengan mengatakan bahwa “Jamaah Tabligh adalah kelompok bid’ah shufiyyah, maka tidak boleh berjalan dan bermajelis dengan mereka.”[4]

Muhammad Nashiruddin Al Albani[5] saat ditanya soal Jamaah Tabligh menjawab, “Yang saya yakini bahwa da’wah tabligh adalah: sufi gaya baru. Da’wah ini tidak berdasarkan kitabullah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Khuruj yang mereka lakukan dan yang mereka batasi dengan tiga hari dan empat puluh hari, serta mereka berusaha menguatkannya dengan berbagai nas, sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan nash secara mutlak.” [6]

Pendapat seputar Jamaah Tabligh

Para pengikut dan simpatisan JT tentu tidak perlu khawatir dengan opini para ulama di atas dan banyak fatwa ulama lain yang serupa. Karena, pendapat yang menganggap gerakan JT sesat didominasi oleh ulama Arab Saudi yang dikenal ekstrim dan kurang toleran dalam menilai kelompok lain. Sebagaimana diketahui ulama yang memiliki jabatan profesi di kerajaan maupun universitas Arab Saudi umumnya adalah mereka yang berfaham Wahabi atau Salafi.  Sebuah faham yang didirikan oleh Muhammad bin Abdul Wahab. Kelompok yang mengklaim paling murni menjalankan ajaran Islam ini dikenal sering menghakimi kelompok lain dalam Islam sebagai bid’dah dan syirik.

Untungnya, Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakat yang awal berdirinya terinspirasi Wahabi tidak bertaklid pada opini ulama Wahabi dalam menilai JT. Dalam salah satu fatwanya, Majlis Tarjih Muhammadiyah menyatakan:

“Kelompok Jama‘ah Tabligh … itu belum dapat dikategorikan golongan yang sesat, kecuali jika ada hal-hal lain yang mereka lakukan yang berlawanan dengan rukun Islam dan rukun Iman, yang tidak terdapat dalam al-Qur’an dan as-Sunnah.”[7]

Yusuf Qardhawi termasuk di antara ulama kontemporer yang tidak menganggap JT sebagai gerakan sesat. Lebih dari itu, ia menganggap Maulana Muhammad Ilyas, pendiri JT, sebagai seorang da’i dan mujaddid (pembaharu) besar. Dan bahwasanya Maulana Ilyas termasuk di antara juru dakwah hebat yang pernah dikenal dunia Islam.[8]

Wahbah Az Zuhayli, pakar fiqh asal Suriah, sangat mengapresiasi gerakan ini. Penulis kitab Mawsu’ah al Fiqh al Islamy wal Qadhaya al Muashirah (14 jilid) ini bahkan sangat memuji JT. Dalam salah satu fatwanya ia mengatakan bahwa “anggota Jamaah Tabligh adalah orang-orang yang sangat baik, salih, dan zuhud dan banyak berkorban untuk menyebarkan akidah Islam. ”[9] Az Zuhayli bahkan menganggap sangat tidak pantas mempertanyakan status sesat atau tidak sesatnya JT. Bagi Az Zuhayli, orang yang mempertanyakan niat baik JT adalah orang yang dengki.[10] Berikut pertanyaan seputar JT dan jawaban lengkap dari Az Zuhayli:[11]

            مارأيكم في جماعة الدعوة والتبليغ؟
جماعة الدعوة والتبليغ هم الآن أمة التبليغ القائمة بفرض الكفاية‏،‏ وإن كان منهجهم على الطريقة الهندية وهي عرض الإسلام من جانب سلمي‏،‏ وربما يكون هذا مناسباً في مبدأ الأمر ليدخل الناس في دين الله ثم تكتمل ثقافتهم ومعرفتهم ببقية أحكام الإسلام. فهم إذن يستنون بسنة وسيرة النبي صلى الله عليه وسلم في التفرقة بين المرحلة الملكية والمرحلة المدنية

وعلى أية حال‏:‏ إن هجوم بعض الناس عليهم لا مسوغ له‏،‏ فهذا منهج أفضل من منهج المهاجمين الذين يتشددون في عرض الإسلام.

وهؤلاء الدعاة في غاية الصلاح والتقوى والزهد والتضحية من أجل نشر العقيدة‏،‏ فلماذا نسأل عنهم؟‏!‏ إلا لعرقلة مسيرة الدعوة والتبليغ‏،‏ وحسداً من الآخرين الذين يكفرون كما يكفرون أغلب المسلمين غيرهم.

Dalam dua paragraf terakhir (yang saya beri teks tebal), Az Zuhayli sedikit menyindir kelompok yang menyerang JT –yakni kalangan ulama Wahabi—dengan mengatakan bahwa JT jauh lebih baik dari pengeritiknya yang suka mengkafirkan orang lain selain kelompok mereka sendiri.

Kritik terhadap Jamaah Tabligh

Jadi jelas, bahwa JT bukanlah gerakan sesat. Di mata para ulama terkemuka dunia, mereka justru sebuah gerakan yang membawa berkah bagi umat Islam. Namun demikian, bukan berarti tidak ada kritik yang dialamatkan pada gerakan ini.  Beberapa kritik untuk sebagian (besar) anggota JT antara lain:

  • Kurang ilmu.  Kritik ini muncul dari Habib Mundzir Al Musawa seorang ulama Jakarta. Ia mengatakan bahwa JT hendaknya memprioritaskan mencari ilmu terlebih dahulu sebelum berdakwah atau berdakwah tanpa lupa mencari ilmu. Agar tidak terjadi fanatisme aliran dan tidak ngawur. Terutama saat mereka ditanya perihal agama pada saat menjalankan dakwahnya. Ia mengakui bahwa tidak semua anggota JT orang bodoh di bidang agama.
  • Komitmen pada hadits shahih perlu mendapat penekanan,
  • Metode khuruj dengan hitung-hitungan tertentu juga masih perlu didiskusikan.
  • Jika seseorang mau khuruj empat bulan dengan meninggalkan keluarganya maka yang harus diperhatikan adalah apakah sudah menyediakan nafkah untuk keluarganya selama mereka ditinggalkan. Khuruj begitu saja tanpa memperhatikan nafkah merupakan tindakan yang kurang bijak. Bertawakkal kepada Allah bukan berarti mengesampingkan usaha yang benar.
  • Hantam kromo. Dari semangatnya berdakwah sampai lupa etika berkomunikasi. Saat bersilaturrahmi pada ulama disamakan dengan cara ketika berbicara dengan orang yang buta huruf. Semua dalil yang dihafalnya keluar begitu saja tanpa rem. Padahal untuk mengambil hati orang pintar di bidang agama, cara terbaik adalah dengan bertanya, meminta saran dan petunjuk. Bukan menasihati. Bayangkan apabila anak TK memberi kuliah ilmu hitung pada seorang dosen matematika.
  • Fanatisme golongan. Tidak sedikit anggota JT yang secara eksplisit mengatakan bahwa orang yang di luar JT adalah “orang-orang yang belum mendapat hidayah.” Kata-kata ini jelas tidak benar, bodoh dan tidak taktis. Dan itu semakin memperkuat stereotipe yang menganggap bahwa JT kumpulan orang-orang yang “tidak pintar.”
  • India minded. Personil JT Indonesia terlalu dipengaruhi gaya berpakaian ala India. Itu bisa dilihat dari kesukaan memakai kurta (baju putih semi jubah), pakai sandal jepit dan kurang rapi.

Kesimpulan

Jamaah Tabligh adalah gerakan dakwah yang didirikan oleh seorang ulama India bernama Maulana Muhammad Ilyas pada 1920. Gerakan ini bertujuan untuk “mengislamkan orang Islam” yang kurang komitmen terhadap ajaran agamanya. JT bukanlah gerakan sesat. Ia juga bukan kelompok ekstrim yang mudah mengkafirkan orang lain. Walaupun fanatisme golongan terkadang muncul. Dengan sistem perekrutan yang terbuka dan seperti MLM (multi level marketing) di mana setiap anggota “diwajibkan” untuk mendapat anggota baru, maka gerakan ini tumbuh dengan pesat di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Yang suka dan merasa cocok dengan metode dakwah JT dipersilahkan bergabung menjadi bagian da’i global. Yang tidak suka atau kurang cocok, tidak perlu ikut. Juga tidak perlu mencaci. Apalagi mengafirkan mereka.  Terlepas dari segala kekurangan para personil JT, mereka jelas telah berbuat sesuatu untuk Islam. Yang belum tentu dilakukan oleh para pengeritiknya. JT adalah bagian dari keindahan Islam yang yang membolehkan munculnya berbagai macam kelompok tapi tetap berpayung dalam satu akidah Islam.

Pada saat yang sama, JT juga hendaknya bermawas diri dan membuka kuping lebar-lebar terhadap kritik. Karena kritik tidak muncul dari ruang hampa.[]

[1] Saya memang membuka konsultasi agama melalui SMS dan internet (email, website, facebook, twitter) kepada siapa saja yang memiliki persoalan yang belum terjawab.

[2] Dari kaset Al Qaulul Balig Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz (1909 – 1999) adalah Mufti Agung Arab Saudi.

[3] Salah seorang mufti resmi Kerajaan Arab Saudi  anggota Lajnah Daimah lil buhuts wal ifta’ Arab Saudi.

[4] Shaleh Fauzan Al Fauzan, Al Ijabatu al-Muhimmah fil Masyakil al-Malammah, hal. 145.

[5] Muhammad Nashiruddin Al Albani adalah seorang ahli hadits universitas Islam Madinah.

[6] Dari kaset Al Qaulul Baligh fir Radd ‘ala Firqatit Tabligh.

[7] tarjihmuhammadiyah.blogspot.com 10 Oktober 2011

[8] Yusuf Qardhawi, Asy-Syaikh Abul Hasan An Nadwi Kama Aroftuhu (اشيخ أبو الحسن الندوي كما عرفته)

[9] وهؤلاء الدعاة في غاية الصلاح والتقوى والزهد والتضحية من أجل نشر العقيدة Lihat fatawa di zuhayli.com

[10] لماذا نسأل عنهم؟‏!‏ إلا لعرقلة مسيرة الدعوة والتبليغ‏،‏ وحسداً من الآخرين

[11] ibid

Comments

  • tenang sudara2 ku yg ikut berjuang di jt .sesungguhx orang2 yg hali kursi maka dia ngomongin kursi orang ahli panci akan ngomongoin panci…..orang yg ngomong sesaaat bid,ah dia lah orang ahli bida,ah dan sesaat pengikut yahudi gerakan islam tujuan memecah belah umat.kami do lombok klo dia macem2 kami sikat dia supaya bersih dari membid,ah kan orang islam

    abuSeptember 11, 2014
  • biarlah ancing mengogong gak apa tetap berjalan klo dia gigit sikat aja tu yg gampang sekali lidahx bilang jt sesaat

    abuSeptember 11, 2014
  • JT sombong dg alirannya

    idrisAugust 16, 2014
    • tenang sudara2 ku yg ikut berjuang di jt .sesungguhx orang2 yg hali kursi maka dia ngomongin kursi orang ahli panci akan ngomongoin panci…..orang yg ngomong sesaaat bid,ah dia lah orang ahli bida,ah dan sesaat pengikut yahudi gerakan islam tujuan memecah belah umat.kami do lombok klo dia macem2 kami sikat dia supaya bersih dari membid,ah kan orang islam

      abuSeptember 11, 2014
  • Assalamualaikum.
    Kebetulan sy juga anggota JT,JT bukanlah ajaran sesat,dan kami berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadits,bagi anda yang merasa berkata JT adalah ajaran sesat semoga Allah memberi Hidaya kpd anda.

    salam Dari semua Jamaah JT Masjid Makaz Dalwah Makassar

    Abdul GhaniAugust 5, 2014
  • bagi yang komentar fitnah terhadap JT kalau kalian emang yakin dengan hujatan kalian DAN KALAU BETUL FITNAH KALIAN ITU KALIAN YAKINI KEBENARANYA ,,TOLONG SEBUTKAN NAMA KALIAN BESERTA ALAMAT JELAS DAN NOMOR HPNYA……KALAU BETUL OMONGAN KALIAN GAK ASAL BICARA KAYAK ANAK KECIL BODOH DAN KALIAN YAKIN KEBENARAN KALIAN SAYA MINTA ALMAT YGJELAS DAN NOMOR HP KALIAN

    al-fatihJune 2, 2014
    • ya ana jgak mintak tu supaya kta ktm sama oranng2 salfy ini dia brani lewat belakang ajak

      abuSeptember 11, 2014
  • Assalamu’alaikum,,ikhwatal iman JT teruslah kalian bergerak(berda’wah) jgn pernah dengarkan kata2 dr org yg menghujat,menghina dll anggaplah tu bagian ujian yg antum harus terima karena dr ujian tu iman antum akan teruji lihat QS al’ankabut 1-2..org2 terdahulu para Nabi,para Sahabat ra mereka di uji dg ujian yg begitu berat yg mgkn kt tdk akan sanggup di uji spt mereka tp mereka ttp berda’wah wlpn nyawa mereka sbg taruhan nya karena mereka yakin akan janji dr alloh subhanahu wata’ala lihat QS Attaubah ayat 111.
    Ikhwatal iman doakan saja org2 yg hr ni menghina ,menghujat agar mereka di ampuni dosanya dan doakan pula agar mereka di berikan hidayah oleh Alloh subhanahu wata’ala,jgn pernah terlontar kata2 kasar ato doa yg jelek bg mereka karena Islam adalah Rohmatal lill’alamiiin….wasssalam alfaqir rajafarhat

    rajafarhatMarch 27, 2014
  • Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuhu.

    Dahulu ketika saya menjual buku2 yg mayoritas dari attibyan, darul haq,dsb.
    Sy tertarik dengan buku yg berjudul KESESATAN JAMAAH TABLIGH.

    Sayapun membacanya diantara kesesatan yg ditulis dalam buku itu bahwa

    -Jamaah tabligh penyembah kuburan…

    Saya pun tertarik ingin mengetahuinya langsung.
    Ahirnya Allah berikan sy kesempatan k India…ternyata sy tdk pernah melihat ada yg nyembah kuburan disana.

    Astagfirullah..begitu kejam fitnah iniii…

    Apa mereka tdk takut..?

    Dari ku yg Miskin Ilmu

    hamzahMarch 10, 2014
    • benarkan mas, katanya lagi, jamaah tabligh aliran sufi, memang benar jamaah tabligh dr india , banyak dari mereka yang beraliran sufi, tapi selama khuruj, mereka mengikuti aturan dengan memperbayak dakwah. yang jadi masalah, sekarang ini ada aliran yang agama, bertindak sebagai audit amalan, yang jadi masalah keburukan anggota yang di cari, aneh aneh tuduhanya

      ibrahimMarch 27, 2014
  • KESALAHAN JAMAAH TABLIGH YANG PERLU DILURUSKAN

    Jika kita membincangkan tentang jamaah tabligh, biasanya mereka akan berkata ; “ itu ( jamaah tabligh ) bukan nama kita, terkadang kita juga dipanggil jamaah kompor atau jamaah dakwah dll. “ Apapun nama mereka sehinggalah kita namakan jamaah tabligh hanya untuk memudahkan saja dalam pembahasan ini.

    Diantara ciri khas cara berdakwah jamaah tabligh adalah menghindari kajian dan soal jawab tentang ilmu-ilmu fiqh dan aqidah yang sering dituding sebagai ‘biang pemecah belah umat’, serta lebih menonjolkan sunnah dalam bab cara berpakaian, makan dan minum, tidur, dll yang membuat dakwah mereka sangat populer dan mudah diterima masyarakat berbagai lapisan.

    jabarudinMarch 5, 2014
  • Saya adalah muslim dan bukan golongan dari manapun. Sesama muslim tidak perlu menghujat .
    Jalankan rukun islam dengan benar. Tidak perlu berdebat untuk membenarkan diri sendiri dan menyalahkan orang lain. Kebenaran itu mutlak milik Allah. Manusia dalam menilai kebenaran terkadang dipengaruhi oleh hawa nafsu. Untuk menjadi muslim yang benar adalah pertama kali memahami kalimat Tauhid “syahadat” yang sesungguhnya. Mengapa syarat mutlak untuk menjadi muslim adalah syahadat ? Ada apa sebenarnya dibalik kalimat tersebut. Jika kita bisa memahami dan menjalankan sungguh sungguh (tidak hanya ucapan belaka) kalimat sakti tersebut insya Allah hati kita akan terbebas dari syirik, musyrik, curiga serta perbuatan syetan lainnya. Mari kita bersatu dan belajar mengupas isi terkandung di alqur’an. Banyak ahli barat yang sudah mengambil ilmu / science yang ada di alqur’an sementara kita sesama muslim masih berkutat dan berdebat tentang halal, haram dan menghujat sesama kita. Hal lain yang harus kita ketahui syurga dan neraka itu milik Allah. Kita tidak bisa menentukan mau kemana kita kelak sesudah mati, syurga apa neraka ?. Beribadah mengharapkan imbalan pahala dan syurga tidak ikhlas namanya. Beribadalah karena Allah semata. Tegakan kalimat Tauhid. Ingat, Allah itu lebih dekat dengan urat lehermu, dimana kau menghadap disitu ada Dia.

    HendraJanuary 22, 2014
    • Komen mas Hendra benar 100%. Sebagian manusia keliru karena beranggapan bahwa surga itu milik mereka. Padahal seorang masuk surga bukan karena amalnya melainkan karena rahmat Allah swt semata. Sebab ibadah yang nampak kasat mata tidak selalu sama dengan isi hati pelakunya. Hanya Allah swt yang maha melihat dan maha mengetahui isi hati hambaNya.
      Wa-asirruu qaulakum awijharuu bih innahu alimun bizatis suduur (al Mulk 13)

      M.Arsyad GafarMarch 11, 2014
  • Ada satu cerita ditahun 1998 at 1999 saat Afghanistan diserang oleh Unisoviet( sekarang Rusia), para mujahidin Afghan sedang bersiap2 menjaga posnya diperbatasan wilayah musuh (Ribath) tiba tiba datang segerombolan orang Jamaah Tabligh mengajak mereka utk khuruj ala JT artinya meninggalkan pos2 jaga mereka agar ikut keluar khuruj dg mereka…sebenarnya khuruj yg bagaimana yg dikatakan nabi, berperang dijalan ALLAH (Fisabililah ) mengahdapi musuh2 ALLAH at Khurujnya ala JT…sudah tentu mujahidin Afghan hanya tersenyum2 saja….

    ABUZADecember 17, 2013
  • Asalamualaikum ustad,
    Di dekat indonesia ada negeri dengan minoritas muslim hanya sekitar 4 juta jiwa (maaf saya tidak sebut namanya untuk menjaga dari pihak2 munafiq) .
    Tabligh sangat aktif disana selama 40 tahun belakangan ini.
    Menurut catatan sensus, hampir setiap rumah ada anggota keluarganya yang ikut tabligh bahkan bisa seluruh keluarganya.
    Dari khuruj dan usaha dakwah rombongan dari India, Pakistan, Bangladesh dan Arab tsb,
    tahun 2013 tercatat ada 10 ribu hafidz quran dan 20 ribu alim serta (mufti) dari hasil pesantren2 yang mereka dirikan
    Padahal sebelumnya sama sekali tidak memiliki satu orang hafidz pun bahka jika bulan ramadhan mereka menyewa hafidz dari negeri lain.
    Setiap tahun tercatat ada 20 ribu orang khuruj selama 4 bulan hingga 1 tahun
    > Jika 1 jamaah berisi 10 orang maka ada 2000 jamaah yang terbentuk.
    > Jika bergerak 4 bulan = 120 hari /3 hari tiap masjid = 40 masjid tiap jamaah maka dari 2000 jamaah tsb bisa memasuki 80.000 masjid tiap tahun
    > jika 1 orang menjumpai 2 orang/hari baik dia dakwah atau didakwahi maka dari 10 orang tiap jamaah telah membuat 20x jumpa manusia & pembicaraan agama/hari.
    jika 4 bulan =120 hari bergerak maka 120 hari x 20 perjumpaan dan pembicaraan agama =.2 400 kali jumpa & bicara agma di hasilkan.
    Maka dari 2000 jamaah yang bergerak telah terjadi transaksi perjumpaan dg manusia dan pembicaraan agama sebanyak 4.800.000 kali. Ini hitungan minimal
    Masya Alloh
    Maka tidak heran ketika 1 orang bisa mengislamkan hingga ratusan orang saat khuruj tadi.
    hal yang di maklumi saat 1 orang mualaf militer dia bisa mengislamkan 6000 orang
    Tercatat pula ada satu masjid yang sholat subuhnya sebanyak sholat jumat kira kira sejumlah 2000 orang hingga hari ini.
    Begitu kuatnya suasana dakwah, suasana amal, muamalah, muasaroh dan ahlaq Islam maka banyak sekali orang non muslim yang menjadi islam (500 pendeta belum lagi orang awamnya)
    Karena kesiapan ilmu dan amal dari masing2 keluarga maka mereka sudah di perbolehkan untuk dakwah langsung ke negeri negeri kafir terutama Afrika dan Amerika.

    Atas keadaan sedemikian ini, apakah antum antum dan abu abu sekalian akan mengeluarkan fatwa ke negeri ini dan mengirimkan selebaran di masjid2 mereka bahwa khuruj mereka haram, kehafidzan serta alim mereka tertolak dan supaya segera menghentikan tablighnya lalu ajak mereka kembali kerumah masing masing untuk menjaga anak, istri, toko, sawah, kantor serta masjidnya?

    teguh mulianoDecember 16, 2013
  • Yang permasalahkan tentang Jemaah Tabligh cuma Wahhabiyyin.

    Sebenarnya Wahhabiyyin itu bermasalah hampir kepada seluruh umat Islam di dunia.

    Yang bikin mereka bermasalah adalah “hobi” mereka (baik ulama, santri atau orang kantoran yang baru dengar radio rodja) adalah “mengkafirkan”, “membid’ahkan”, “menyatakan sesat” saudara-saudaranya sesama muslim yang terang-terangan akidahnya Laa ilaha ilallahu muhammadur rasulullah.

    Coba buka google dan cari ulama mereka (Nashiruddin Al-Albani, bin Baaz, dll) juga yang ada di Indonesia (contohnya Yazid bin Abdul Qadir Jawas) dan coba lihat wajah mereka.

    Saya pribadi tidak melihat raut wajah mereka “bercahaya” (padahal ilmu adalah cahaya menurut Rasulullah shalallahu alaihi wasallam) dan mereka mengatakan diri merekalah yang paling “memegang teguh Qur’an dan hadits” (yang notabene keduanya adalah sumber dari segala sumber ilmu)

    Wallahu ‘alam bishawab..

    Saya hanya seorang muslim yang berakidah ahlussunnah wal jama’ah al-asy’ariyah al-maturidiyah. Maafkan bila saya banyak khilaf.

    MuslimDecember 10, 2013
  • Hahahaha satu orang pake ID banyak banget biar keliatan banyak yang ndukung. Alamat IP nya sama semua. Hahahaha memang benar2 kurang berilmu :D :D :D. Ngaji dulu, cari ilmu dulu biar dakwahnya bener mas :D :D. Jangan malah komen di sini pake banyak identitas, malu2in kalo ketahuan :D :D

    PretDecember 1, 2013
  • tanya boleh ga ? yang paling bagus aliran di indonesia ini apa ?

    suyudNovember 22, 2013
    • Jemaah tabligh

      Jais Sobrie InilDecember 1, 2013
  • JT itu apa Ya ?…..yang saya tahu NU dan MD aliran baru ya ?

    iskandar adamNovember 22, 2013
  • JT itu apa ya ? yang saya tahu NU dan MD …aliran baru ya ?

    iskandarNovember 22, 2013
  • JT ibaratkan hanya seorang KENEK Mobil Bus yang MENYERU orang agar menaiki kendaraan tsb. Sedangkan Alim Ulama adalah SOPIR yang Mengarahkan Kendaraan tsb agar sampai KETUJUAN..Smoga Alloh beri kita semua kepahaman..Insyaalloh..

    rustamNovember 11, 2013
  • Semua jalan untuk mendekatkan diri pada Allah itu pasti baik. Dengan cara elegan, cerdas, tidak memaksa.

    Komentator di sini kebanyakan orang JT yang tidak terima kritikan. Penuh emosi.

    Yang tertarik JT silakan asal membawa kebaikan semakin baik akhlaknya. Tapi bukan berarti non JT lalu tidak punya harapan untuk ke surga Allah.

    Apa yang JT masih tertarik berangkat haji, bukan berkumpul di masjid pendirinya ei India.Apa ,aeih bisa menghargai non JT?

    Apapun yang membawa kebaikan pasti tidak sesat. Tapi bila jadi suka ngomel ngomel tidak menghargai kelompok lain dipertanyakan akhlaknya.

    baru belajar IslamOctober 20, 2013
  • kalau amalan itu baik pasti shahabat nabi dah amalin lebih dulu.
    Senjata otomatis sipinter yg satu punya pendapat hanya kelompoknya aja yg paling benar dalam menterjemahkan agama islam .
    Dampaknya yg ngaji bingung,yg ga ngaji lebih bingung,orang yg ga bijak senang,sesama islam aja masih ribut masalah kebenaran agamanya,sesama islam aja masih saling hujat apalagi ma aku yg bukan islam,untung aku bukan islam kata mereka.padahal kita tahu islam dilihat dari berbagai disiplin ilmu dah benar.
    Hati2 mas bro tidak semua orang islam yg bijak tetap dalam islam,mental iya karna melihat saudaranya perang teruuuuuuuuuuuuus .
    Apa lagi yg belum islam walaupun pinter dan bersih hati mereka akan berfikir dua kali untuk tertarik ma islam .
    Tapi tetaplah jangan putus asa banyak orang tetep masuk islam meskipun islam itu identik dengan miskin perang bodo dan teror,karna apa ? Karna mereka ga lihat orang islamnya tapi dia lihat ajarannya dan mereka bertanggung jawab ma kehidupan ini,mereka yakin dunia ini bergantung ma orang islam jadi mereka ga lari dari tanggung jawab .
    Ma’af ya susunan ktnya ga bagus ,nanti dilanjut lain kali ya!!!!!!

    sofuanSeptember 21, 2013
    • Keprihatinan kita Umat Islam
      1. Sangat jelas sholat fardhu bagi laki laki adalah di masjid
      dan bagi wanita di rumah, lebih diutamakan di kamar
      2. Bahwa ada ancaman dalam fiqih, laki laki baligh yang tidak sholat di Masjid
      sesuatu amar yang ada ancaman maka hukunnya wajib
      3. Sangat jelas, jamaah sholat fardhu di masjid di negeri kita rata rata hanya diikuti
      4-20 orang….. kalau masjid dekat pasar dan kampus agak rame
      kalau masjid di lokasi umum rata rata sepi jamaah
      4. Mari kita lihat apakah : Kanwil Depag. Dirjen Islam, Menteri, Presiden, Gubernur
      Bupati , Walikota, Civitas Akademi Islam mulai dari Honor sd Profesor , Jenderal,
      adakah mendirikan sholat fardhu di Masjid ??????????
      Telah 68 Tahun Indonesia merdeka “Atas Berkat Rahmat Allah Swt”…. adakah
      Preambul UUD 45 itu disikapi ???? saya nyatakan = sangat memprihatinkan =
      Kecuali kalau udah pensiun, udah lepek, tak ada pengaruh ke Umat baru dengan
      tertatih tatih dan batuk berdahak ke Masjid..
      5. Dari point 4 , kalau tidak ada kewajiban jumat…. bisa dibayangkan
      masjid boleh jadi bangunan bodong…. di bodongin oleh laki laki muslim sendiri….
      Siapakah Yang wajib memakmurkan mesjid ????????
      6, Sangat banyak hadis yang menyatakan sholat fardhu di Mesjid

      1. Sabda Rasûlullâh shallallâhu ‘alaihi wasallam :

      مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِهِ فَلاَ صَلاَةَ لَهُ إِلاَّ مِنْ عُذْرٍ
      Siapa yang mendengar adzan lalu tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya kecuali ada udzur.
      (HR Abu Dâwud dan Ibnu Mâjah. Hadits ini dinilai shahîh oleh Syaikh al-Albâni rahimahullâh dalam Misykatul-Mashâbih 1077 dan Irwâ’ al-Ghalîl no. 551)

      2. Hadits Abu Hurairah radhiyallâhu’anhu yang diriwayatkan dalam Shahîh al-Bukhâri, bahwa Rasûlullâh shallallâhu ‘alaihi wasallam bersabda:

      وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِحَطَبٍ فَيُحْطَبَ ثُمَّ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَيُؤَذَّنَ لَهَا ثُمَّ آمُرَ
      رَجُلاً فَيَؤُمَّ النَّاسَ ثُمَّ أُخَالِفَ إِلَى رِجَالٍ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ

      Demi Dzat yang jiwaku ada ditangan-Nya. Sungguh aku ingin memerintahkan untuk mengumpulkan kayu bakar lalu terkumpul, kemudian memerintahkan untuk shalat dan diadzankan. Kemudian aku perintahkan seseorang untuk mengimami shalat, lalu aku pergi melihat orang-orang dan membakar rumah-rumah mereka.
      (HR al-Bukhâri)

      3. Hadits Abu Hurairah radhiyallâhu’anhu yang diriwayatkan dalam Shahîh Muslim:
      أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ أَعْمَى فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ لَيْسَ لِيْ قَائِدٌ يَقُودُنِيْ إِلَى الْمَسْجِدِ فَسَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُرَخِّصَ لَهُ فَيُصَلِّيَ فِي بَيْتِهِ فَرَخَّصَ لَهُ فَلَمَّا وَلَّى دَعَاهُ فَقَالَ هَلْ تَسْمَعُ النِّدَاءَ بِالصَّلاَةِ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَأَجِبْ
      Seorang lelaki buta menjumpai Nabi shallallâhu ‘alaihi wasallam dan berkata: “Wahai Rasûlullâh shallallâhu ‘alaihi wasallam sungguh aku tidak memiliki seorang penuntun yang menuntunku berjalan ke masjid. Lalu ia memohon kepada Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam agar diberikan keringanan sehingga boleh shalat di rumahnya. Lalu beliau shallallâhu ‘alaihi wasallam membolehkannya. Ketika orang tersebut berpaling pergi, beliau memanggilnya dan bertanya: “Apakah kamu mendengar adzan shalat?” Ia menjawab: “Ya”. Beliau pun menyatakan: “Maka datangilah!” .

      4.Sesungguhnya, jika seseorang sudah berniat shalat berjamaah di masjid, lalu dia pergi ke masjid, namun shalat jamaah sudah selesai, lalu dia shalat sendirian dengan sempurna, maka dia tetap mendapatkan pahala shalat jamaah. Nabi Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
      hadist
      Barang siapa berwudhu‘ dengan sebaik-baiknya, kemudian pergi (ke masjid untuk shalat berjama’ah, Red.),
      namun dia mendapati manusia sudah selesai shalat, Allâh Ta’ala memberikan pahala kepadanya
      semisal pahala orang-orang yang menghadiri dan shalat (jamaah) itu
      tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.
      (HR Abu Dawud no. 564, dan dishahîhkan oleh Syaikh al-Albani)

      5.“Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat serta ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.” (Al Baqarah:43)

      Ayat yang mulia ini mengaskan wajibnya shalat dengan berjama’ah. Dan bersama-samanya orang yang shalat dalam shalat mereka. Kalau maksudnya hanya menegakkannya saja, tentu tidak akan sesuai dengan akhir ayatnya, yaitu: Ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.” Karena pada Allah memerintahkan untuk menegakkannya di awal ayat. Allah berfirman:

      “Dan apabila kalian berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan seraka’at), Maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum shalat, lalu merekashalat bersamamu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata.” (An Nisa’: 102)

      Walau dalam keadaan perang, Allah tetap mewajibkan shalat berjama’ah, maka bagaimana pula dalam keadaan aman?!

      Kalau seseorang diperbolehkan meninggalkan shalat berjama’ah, tentu orang-orang yang sedang menghadapi musuh dan yang sedang bersiap menyerang mereka tentu lebih pantas untuk diperbolehkan meninggalkan shalat berjama’ah. Ketika realitanya tidak demikian, tahulah kita bahwa menunaikan shalat dengan berjama’ah adalah termasuk perkara wajib yang sangat penting. Dan tidak boleh bagi seorang pun untuk terlambat darinya.

      6.Dalam shahih Muslim dari Abdullah bin Mas’ud radliyallahu ‘anhu, ia berkata: “Kami (para sahabat) berpendapat bahwa tidak ada orang yang meninggalkan shalat berjama’ah kecuali dia adalah seorang munafik atau orang sakit. Dan pada masa itu orang sakit dipapah untuk bisa sampai kemasjid melaksanakan shalat.”

      Ibnu Mas’ud berkata lagi: “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamm telah mengajarkan kami Sunnah-Sunnah yang berisi hidayah, dan diantara Sunnah-Sunnah itu: Shalat di masjid yang disitu dilakukan adzan.”

      7. Meninggalkan sholat berjamaah di masjid mengantarkan pada kemunafikan

      Dalam shahih Muslim dari Ibnu Mas’ud juga, ia berkata: “Siapa yang ingin bertemu dengan Allah esok hari dalam keadaan sebagai seorang muslim, maka hendaklah dia menjaga shalat-shalat ini ketika diserukan adzan baginya. Karena Allah telah mensyari’atkan Sunnah-Sunnah yang berisi petunjuh bagi Nabi kalian, dan shala-shalat pada saat ada adzan baginya termasuk Sunnah-Sunnah yang berisi petunjuk itu. Kalau kalian shalat di rumah-rumah kalian , sebagaimana orang-orang yang tidak turut berjama’ah shalat di rumahnya, niscaya kalian akan meninggalkan Sunnah Nabi kalian. Dan bila kalian meninggalkan Sunnah Nabi kalian, pasti kalian akan sesat. Bila seseorang bersuci kemudian dia melakukannya dengan baik, kemudian menuju salah satu mesjid, maka Allah akan mencatatkan untuknya satu pahala bagi satu langkahnya. Dan mengangkatnya karena satu langkah itu satu derajat. Dan menghilangkan baginya karena langkah itu satu dosa. Kami (para sahabat) berpendapat bahwa tidak ada seseorang yang tidak ikut berjama’ah, kecuali doa seorang munafik yang tidak diragukan kemunafikannya.

      8.Karena meninggalkannya dalam penunaian dengan berjama’ah adalah sebab terbesar untuk meningalkannya secara menyeluruh. Dan kita sudah tahu bahwa meninggalkan shalat adalah kufur, sesat dan keluar dari Islam. Ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

      “Antara seseorang dan antara kekufuran dan syirik adalah meninggalkan shalat.”(HR Muslim dalam shahihnya dari Jabir radliyallahu ‘anhu)

      Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

      “Perjanjian antara kita dengan mereka adalah shalat. Maka siapa yang meninggalkannya, dia telah kafir.”

      Ayat-ayat dan hadits-hadits yang menerangkan tentang pengagungan kepada masalah shalat, wajib menjaganya dan menegakkannya sebagaimana yang disyri’atkan Allah serta peringatan kepada orang yang meninggalkannya, banyak sekali.

      Maka wajib atas setiap muslim untuk mejaganya pada waktunya dan menegakkannya seperti yang disyari’atkan Allah. Dan agar menunaikannya bersama saudara-saudaranya dengan berjama’ah di rumah-rumah Allah. Sebagai sikap taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta sebagai sikap waspada dari kemurkaan Allah dan sakitnya hukuman-Nya.

      SEMOGA BERMAMFAAT BAGI KITA SEMUA

      rafi kasimNovember 6, 2013
    • Saudaraku, izinkan saya menanggapi seperti di bawah ini….
      Saya tidak berpendapat,, saya hanya menyimak dan menyampaikan saja apa yang ada dalam dilil naqli

      Tentang hukum sholat kita tidak perlu pendapat orang pinter– bisa baca aja mah udah cukup….adah

      Ada ciri ciri Ibadah dalam Islam, Semakin wajib suatu perintah ,maka semakin siple ayatnya dan semakin mudah memahami makna hadisnya…..

      seperti uraian di bawah ini….

      rafi kasimNovember 6, 2013
      • gerakan tablikh saya lihat berhasil menggerakkan orang muslim sholat fardhu berjamaah ke masjid walaupun mereka diakui rata rata kurang ilmu…. mereka kalau sy lihat secara umum memang kurang ilmu, tapi JT berupaya mendiplinkan diri mereka dan mereka orang berupaya mengajak orang islam sholat fardhu ke masjid….

        Makanya BAGI MEREKA YANG MERASA LEBIH BERILMU…. SEGERALAH AJAK MUSLIM SHOLAT FARDHU KE MASJID

        JANGANLAH ORANG PINTAR LEBIH BODOH DAN PEMALAS DARI ORANG JT

        rafi kasimNovember 6, 2013
  • Asswrwb polemik tentang mahzab dalam islam sekarang ini dimulai dari keangkuhan orang pinter,walaupun sifat angkuh itu bukan didominasi oleh sipinter aja,siapapun dia kalau punya kelebihan apa aja kalau kurang2 kontrol hatinya jadilah dia sama seperti sipinter tadi ( bukan berarti kita takut jadi pinter mas bro ).
    Penyakit sipinter lainnya yg lebih parah adalah selesai dari lembaga pendidikan didalam negri atau diluar sudah berani menyalahkan ulama yg lebih dekat dgn zaman nabi Muhammad saw ( ulama imam mahzab gitu aja ribet sih ),walaupun imam mahzab juga manusia biasa spt kita yg tidak hidup dizaman ini yg lebih komplek permasalahanya,imam mahzab bisa menerima perbedaan persepsi terhadap suatu masalah tidak saling menjelekkan,beliau2 itu kalau ada pendapat,sering menyatakan inilah pendapatku kalau ada pendapat yg lebih baik itulah pendapatku.
    Kalau aku sih awam mas bro paling2 ngingetin aja untuk saudara aku yg punya program kerja da’wah dng kelompoknya jalanin aja, kalau ingin orang lain supaya mau terima kerja kita,bukan saling jelekin karna masing2 pasti akan mencari kelemahan program orang lain.
    Untuk menghindari itu semua cobalah kita ada dihati saudara kita semua,kalau ga ada dihati saudara kita pasti ada yg salah,yah kita koreksi diri dulu jangan salahin orang lain,mungkin ada kesombongan,tatakrama yg ga bagus mungkin intonasi suara kita dalam bicara atau mendikte,menggurui atau yg lainnya yg kita ga sadar .
    Rosulullah aja sebelum da’wah iman beliau ada dihati orang2 mekkah sa’at itu,setelah beliau da’wah iman baru mereka ga suka ma beliau. Saran aku sudahlah ga usah mencari-cari kekurangan kelompok lain apa lagi analisanya ga sempurna tentang kelompok tsb.
    . . . . Cape juga ya . . . . Sensor ya . . .
    Akhirnya masing2 akan mengeluarkan senjata ampuhnya diantaranya:
    Senjata otomatisnya sipinter yg satu dalam mengamati perbuatan saudaranya biasanya suka berkata kalau amalan itu baik pasti shahabat nabi dah amalin lebih dulu.

    sofuanSeptember 21, 2013
  • Jangan emosi masbro ahmad syu’aib sama aja ma mereka dong,pasti aku yakin ada yg pernah ikut jt,mantan mereka juga banyak yg masih aktip di jt bahkan ustadznya banyak yg aktip tuh.
    Apa ada orang murtad terus kita ikut murtad padahal simurtad ga bijaksana ada orang islam jahat malah lari dari tanggung jawab mestinya sama2 kita kita perbaiki jangan putus asa untuk kehidupan diIndonesia tercinta ini.

    sofuanSeptember 21, 2013
  • September 5, 2013

    […] Dalam dua paragraf terakhir (yang saya beri teks tebal), Az Zuhayli sedikit menyindir kelompok yang menyerang JT –yakni kalangan ulama Wahabi—dengan mengatakan bahwa JT jauh lebih baik dari pengeritiknya yang suka mengkafirkan orang lain selain kelompok mereka sendiri. – See more at: http://www.fatihsyuhud.net/2012/09/apakah-jamaah-tabligh-gerakan-sesat/#sthash.I1jFqzX2.dpuf […]

  • wah seru juga yah debatnya……..kalu boleh ane ikutan nih
    Mengapa kita besraudara harus saling menjelek2 kan ……..bukannya kita saling menasehati dalam kebaikan bukan saling mengklem gua paling benar nih dan pasti masuk surga.

    Dilihat dari komentar yg ada nih Golongan JT paling hebat deh, tidak mau menerima saran dan kritikan sebagai pelajaran malah menghujat saudaranya, apa seperti ini kah JT itu. Masalah ini kalau dimusyawarahkan antara Kyai, Ulama dan Orang2 pintar pastilah menemukan titik temu yg baik untuk umat, agar jangan menjerumuskan umat, cuma JT, mau enggakbermusyawarah kepada lembaga2 yg berkepentingan ?

    Perang yg paling berat ialah melawan diri sendiri………..
    Sudah benar kah Islam Kita ?
    Sudah Islam kah keluarga kita ?
    Sudah Islam kah saudara kita ?
    Sudah Islam kah tetangga kita ?

    Jangan hanya Islam di KTP dan Penampilannya aja, orang yahudi jg pada jenggotan panjang2 lagi……
    Boleh lihat Masjid di sekitar kita apa udah penuh dengan umat sehingga saudara harus mengajak orang yg jauh2 untuk pergi ke mesjid ?

    kalau ane boleh kasih saran nih ……
    Setiap wilayah kirim aja 1 orang yg bener2 berilmu tentang agama islam dan menetap di situ sampai semuanya pada bener Islam nya, kenapa harus rame2 kasihan pengurus masjidnya ( nambah bayar listrik u/ air, biaya akomodasi Dan anggota JT tinggal sumbangan untuk membiayai kehidupan 1 orang itu kan biar kebagian pahalanya.
    Dan kita hidup ini adalah ibadah, membiayaan kebutuhan anak istri ibadah, bekerja mencari nafkah juga ibadah……dan selalu mengingat ALLAH SWT

    Masih banyak kok ibadah yg lebih baik dari pada mengikuti suatu golongan tertentu….Islam itu agama yang sempurna tanpa ada embel2 yang lainnya ..

    Terima kasih mohon maaf bila ada kata2 yg kurang berkenan karena kesempurnaan milik ALLAH ……

    campretsAugust 21, 2013
    • Asswrwb ma’acih rekan alizawpindo,memang yg aku tahu mereka yg ikut jt dalam proses perbaikan harusnya kita saling pesan dng baik dan bijak,jangan masing2 kaya tinggal selangkah lagi masuk sorga ( pijem bahasanya ru ut si tom ul he he ) .kt orang alim kalau umat islam sudah mengagungkan dunia maka kehebatan islam akan tercabut darinya,apa bila meninggalkan amar ma’ruf nahi ymungkar mak dicabut keberkahan wahyu,saling caci diantara mereka maka Allahi oga pandang merek.
      Untuk ente yg mo tahu jt,berarti belum tahu jt jangan malah bikin ribet saran segala he he .

      sofuanSeptember 13, 2013
  • Bismillahirahamanirahim, asalamualaikum wr.wb
    asalamualaikum para akhi perindu syurga,semoga semuanya dirahmati ALLAH S.W.T , buat Sodara2ku yg lain yg kurang setuju dengan JT, saya juga mau nanya dong,boleh ya? kenapa JT dianggap Bid”ah?kalo bisa rinci dan spesifik ya (maaf kan keawaman saya). dan apakah tidak ada cara untuk mempersatukan umat tanpa harus berselisih paham dan saling menjatuhkan satu sama lain. karena damai itu lebih indah. mhon kesabarannya dalam menjawab pertanyaan saya ya. terimakasih, wasalamualaikum..wr..wb.

    anak baruJuly 21, 2013
    • Saran aku ikut jt lebih dulu nanti akan tahu yg lain karna di jt ada pelajaran tentang pentingya ilmu,nanti akan ada semangat untuk nuntut ilmu dimana saja ga bingung masalah perbedaan penafsiran ulama dalam masalah fiqih.
      Kalau ada apa2 telen aja dulu nanti diskusikan dng yg alim dari jt,jangan kata mantan jt karna di jt juga banyak orang dari berbagai pergerakan yg ga masalahin perbedaan penafsiran dari uluma fiqih . Mas bro punya nalar pakai aja itu dulu sambil terus belajar jangan kata orang .ma’af aga sedikit guruin pa dikte .

      sofuanSeptember 21, 2013
  • Bismillahirahamanirahim, asalamualaikum wr.wb
    asalamualaikum para akhi perindu syurga,semoga semuanya dirahmati ALLAH S.W.T , buat yang punya blog, saya mau nanya dong. apa aja sih yg selama ini jadi kontroversi JT? terus hal apa aja yang mmbuat sodara2 kita yg lainnya mengganggap JT itu sesat. Mohon dijawab dengan lmbut. maaf saya masih awam, makasih akhi. wasalamualaikum.

    anak baruJuly 21, 2013
  • Si @hanif yg komen diatas ini sama seperti kaum wahabi wahabrot yg lain. Para wahabi wahabrot jika berdalih pasti bilangnya dulu pernah ikut 3 hari tapi semenjak kenal dgn ajaran takfiri wahabrot jadi tertarik deh
    .
    Hahaha, lagu lama. Basi.
    Coba deh org2 munafik kaum wahabi wahabrot ditanya tentang program apa saja yg ada di dalam usaha da’wah wat tabligh ini,. Pasti yg ada mereka kelabakan gak bisa jawab. Karena apa???

    Karena dusta!!!!

    Pas udah ketauan bohongnya, barulah mereka pake alasan sani sini untuk mengalihkan pembicaraan. Ironis..!!!!

    Sebagai pertimbangan, coba anda bandingkan antara org yg mengamalkan usaha da’wah wat tabligh dengan org dr pengikut wahabi wahabrot???

    Org tabligh baru belajar berkorban utk agama 3 hari saja dari yg semula rajin maksiat malah rajin ibadah, dr pemarah jd penyabar, tadinya kasar berubah jd lebih halus, tadinya jahat malah jd baik.

    Tapi kalau org wahabi wahabrot, baru ikut kajian 3 kali udah suka melaknat, tadinya rajin senyum malah berubah jd rajin cemberut (perhatikan org2 wahabrot, lihat mukanya, walaupun tdk semua tapi hampir semuanya mngkin 90% selalu cemberut). Suka menghina, suka mencaci, mem-bid’ahkan org lain, menyesatkan org lain yg tdk sepaham dengannya. Ngakunya ahli sunnah, tp jarang yg pakai tutup kepala padahal Rasulullah selalu menggunakan tutup kepala. Janggutnya nanggung, dan byk juga diantara mereka mencukur janggut. Katanya pengikut sunnah tapi kok cukur janggut. Bahkan yg paling sadisnya, mereka berani meng-kafirkan org2 muslim jika tdk sependapat dgn mereka.

    Bahkan yg lebih ironis, sesama kaum wahabi wahabrot pun saling bersitegang bahkan saling membid’ahkan dan terpecah belah. Masih ingatkan kasus ja’far umar thalib????

    Namun bagaimanapun, kami tetap menganggap wahabi itu org islam, walau dalam blog2 kalian di forum2 internet yg keji sekali memfitnah kami dgn menggonggong gak jelas dan gak karuan, kami tetap memaafkan kalian. Dan justru kami berdo’a kpd Allah semoga Allah melembutkan hati kalian, meluruskan lisan kalian, dan memperbaiki akal kalian, supaya kalian sadar bahwa seluruh fitnah keji yg kalian lontarkan PASTI dan PASTI akan dihisab kelak di Hari Kiamat dan Allah akan meminta pertanggung jawaban kalian atas fitnah kalian selama ini wahai wahabi. CAMKAN ITU!!!!

    ahmad syu'aibJuly 9, 2013
    • Jangan emosi masbro ahmad syu’aib sama aja ma mereka dong,pasti aku yakin ada yg pernah ikut jt,mantan mereka juga banyak yg masih aktip di jt bahkan ustadznya banyak yg aktip tuh.
      Apa ada orang murtad terus kita ikut murtad padahal simurtad ga bijaksana ada orang islam jahat malah lari dari tanggung jawab mestinya sama2 kita kita perbaiki jangan putus asa untuk kehidupan diIndonesia tercinta ini.

      sofuanSeptember 21, 2013
  • jgn tertipu dg banyaknya org yg mengikuti JT, hendaknya antum mencari kebenaran ttg apa yg antum yakini. ana dahulu jg mantan & pengagum JT, tapi Alhamdulillah sejak mengenal dakwaf Salaf ana tinggalkan JT, nasehat utk antum semua, niatkan utk mencari kebenaran tinggalkan taklid yg membuat antum fanatik buta terhadap JT.

    Fatwa terakhir Syaikh Bin Baz yang dikeluarkan pada tahun 1416 H

    Ada yang bertanya kepada Syaikh sebagai berikut:

    Wahai Syaikh yang Mulia, kami sering mendengar tentang Jamaah Tabligh dan dakwah yang mereka sebarkan, Bolehkah saya ikut berkecimpung dalam Jamaah ini ? Saya mohon nasehat dan pengarahan dari Anda semoga Allah membalas Anda dengan Pahala yang besar

    Jawab :

    Setiap Orang yang menyeru kepada Agama Allah maka ia adalah Muballigh. (Sampaikanlah dariku walaupun satu ayat). Akan tetapi Jamaah Tabligh dari India yang sudah dikenal ini, terdapat khurafat, bidah dan perbuatan syirik pada mereka. Maka tidak boleh khuruj bersama mereka kecuali seseorang yang memiliki ilmu dengan maksud untuk mengingkari (kemungkaran-kemungkaran mereka) dan memberikan pelajaran kepada mereka. Akan tetapi apabila hanya sekedar khuruj mengikuti mereka maka hal itu tidak boleh , disebabkan khurafat, kesalahan dan minimnya ilmu yang ada pada mereka. Apabila yang khuruj bersama mereka adalah orang alim dan berilmu dalam rangka berdakwah kepada jalan Allah dan memberikan pengarahan dan bimbingan kepada kebaikan serta mengajari mereka sehingga meninggalkan cara mereka yang bahil dan berpegang kepada manhaj ahlu sunnah Wal Jamaah, maka hal itu dibolehkan.(dicuplik dari kaset Ta’qib Samahatusy-Syaikh Abdul-Aziz bin Baz ‘Alaa An-Nadwah)

    hanifJune 22, 2013
    • terdapat khurafat, bidah dan perbuatan syirik pada mereka… dimana koq nga ada penjelasannya? kalau lgsung terima aja pendapatnya berarti salafiyun taklid buta namanya..emang syeihk ini sudah ketemu untuk dialog dengan syiekh ilyas ya?kapan..?koq..langsung bisa kasih statement sperti itu..hati-hati bisa2 ghibah bahkan fitnah..

      abu ibrahimAugust 21, 2013
    • Asswrwbb mas bro ku sayang ( kt orang pinter barang siapa menyayangi mahluk yg ada dibumi maka mahluk yg dilangit akan meyayanginya )
      Kata orang pinter juga generasi pertama islam adalah kaum muhjirin dan ansor dan orang2 yg mengikuti jejak langkah merea dng baik maka Allah akan ridho dan mereka ridho atas hukum2 Allah .aktivis jt lagi belajar mengikuti jejak langkah shahabat yg lagi hijrah untuk urusan

      sofuanSeptember 21, 2013
  • saya pernah ikut jt 3 hari, disuruh aba saya saat saya pulang dari pondok,mulai saat itulah saya sangat yakin bahwa ajaran yang di sampaikan jt tdk ada yang menyimpang dari al qura’an dan assunnah……..
    sekarang aba saya khuruj 40 hari, semoga Allah selalu melindunginya, amiiin……
    kita sebagai ummat islam marilah kita dakwahkan islam ke pelosok pelosok dunia agar islam tetap jaya…………….
    ya Allah jayakanlah agama yang di ridhaimu yaitu ISLAM, amiiiiiiiiiiiiin………………!!!

    Amirul mukmininJune 10, 2013
  • Jt bukan gerakan yang sesat..
    jt adalah gerakan iman..
    Cari ilmu bisa di buku tapi cari iman ikut khrut fisabilillah 3 hari,, 40 hari,, 4 bulan. Untuk rijal.. untuk ibuk2 ikut keluar masturot 3 hari,15 hari, 2 bulan.

    zahrahJune 3, 2013
  • Jt bukan lah ajaran yang sesat selama ia tidak menyimpang dari Alquran dan hadis Rasullullah saw..
    Orang yang ikut usaha jt adalah orang yang pintar dan bijaksana, mereka ingin jadi orang yg berbahagia diakhirat.
    Banyak orang yang bekerja keras demi harta dunia yg sementara.. sedangkan jt bekerja keras untuk mencari harta akhirat yang abadi.. saya bangga suami.saya ikut usaha jt ini. Mudah mudahan kami jadi org yg kaya di akhirat dan orang yang bahagia dapat bersama nabi Muhammad Saw di surga amin..
    Ya Allah istikomah kan lah kami dalam usaha ini
    Ya Allah jangan kau campak kami dari usaha ini
    Ya Allah berikanlah hidayah kepada semua manusia di seluruh alam untuk ikut meninggikan kalimat Laillahaillallah muhammadarasullullah..

    zahrahJune 3, 2013
  • ane hanya berfikir, bahwa ane ikut jt hanya karena ALLAH SWT dan bukan karena hendak memihak salah satu golongan. Prinsip ane dalam berjamaah ialah “selama jamaah tsb baik JT, MUHAMADIYAH, NU , maupun yang lain, selama ajarannya sesuai dgn alQUR’AN maupun ASSUNAH pasti ane ikuti/se7 aja.” karena pada dasarnya islam itukan SATU.
    Ane hanya berusaha menjalankan ajaran yang sesuai syariat islam meskipun dari berbagai banyak golongan, serta ANE akan mengingkarinya seandainya dari berbagai golongan tsb menyimpang dari syariat islam.

    afriandMay 30, 2013
  • ane salah satu anggota jt.. Namun yang masih ane ragukan ialah. Mengapa jt masih meragukan islamnya seseorang yang jelas2 orang yg diragukan sudah benar2 yakin memilih islam meskipun islam keturunan. Bukankah pada dasarnya manusia itu semuanya memang muslim secara fitrah dan orang tuanyalah yang menjadikannya nasrani, majusi,yahudi dll.
    Terus terang ane gx keberatan waktu dharuskan berucap syahadatain.. Karena pada dasarny ane seorang muslim, dan memang seharusnya tak perlu tkut kalau harus bersyahadat.

    afriandMay 30, 2013
  • ustad pemilik bloq
    Komitmen pada hadits shahih perlu mendapat penekanan,

    jawab
    saya tidak menafikan adanya hadist-hadist dhoif yg dipake oleh JT dalam beramal. dan ini tidak salah selama tidak ada hadist shahih. dan ijma ulama membolehkan beramal pake hadist dhoif selama tidak berkaitan dengan akidah.

    kalo antum berkenan berkunjung khuruj 1 hari saja antum akan melihat banyak sekali amalan orang khuruj terebut berdalil bukan hanya pake hadist shahih saja tapi ada beberapa dalilnya adalah Al-Quran. saya kasih contoh beberapa diantaranya :
    1. Ketika mereka khuruj mereka banyak berzikir dan membesarkan nama Allah dalil ini terdapat dalam Al-Quran
    2. Mereka tahajud dimalam hari. Dalil tahajud ada dalam Al-quran
    3. JT orang yg memakmurkan mesjid yaitu menghidupkan mesjid denganamalan-amalan. sedangkan orang yg memakmurkan mesjid dipuji langsung oleh Allah SWT
    4. JT ketika keluar berdakwah selalu menyambung tali silatuhrahmi. ini juga ada ayatnya dalam Al-Quran.
    5. JT khuruj selalu belajar dan mengajar membaca Al-Quran. dalil ini terdapat juga didalam Al-quran dan masih banyak lagi amalan-amaln kami diJT yg sesuai dengan Al-quran dan sunah nabi. Hanya orang2 yg dihatinya punya penyakit saja yg mengatakan JT ahlul bid’ah. Semoga kita dipelihara oleh Allah dari berkata-kata DUSTA. (AMIIN)

    hadist2 shahih:
    Barang siapa yg sholat ( wajib 5 waktu ) selama 40 hari berturut2 dan tidak tertinggal taqbiratul ula bersama imam maka dibebaskan baginya dua hal . yaitu sifat munafik dan api neraka.

    Note : perhatikan kalimat : “tidak tertinggal taqbiratul ula bersama imam ”

    MAAF ustad ana berani jamin 99,99 % antum belum bisa mengamalkan hadist diatas. ana dan teman2 ana saja yg keluar 40 hari dan 4 bulan agak sulit mengamalkannya apalagi orang yg tinggal bersama anak istri dirumah.

    semoga bermanfaat

    younediMay 20, 2013
  • Yang harus antum catat wahai ustad A. Fatih syuhud. :
    1. Atas dasar apa maulana -maulana yg hafiz tersebut memakai metode khuruj jt sekarang ?
    2. Tidak ada alasan antum mengatakan ini dan itu tentang metode tersebut selama metode itu sudah terbukti dan sudah dibuktikan keefektifannya oleh jutaan orang. Dimana jutaan orang tersebut ada orang yg awam, berilmu. syiekh, hafizul, dan dai-dai yg paham hukum islam. salah satu contohnya adalah maulana muhammad zakariya, pengarang buku fadhail amal ,beliau adalah salah satu hujatul islam terbesar dizamannya. beliau bukan hanya sekedar hafiz quran tapi juga seorang muhadisin ( antum tentu tahu syarat2 seorang muhadisin). dan pengajar syarah bukhari, muslim dan abu daud (kalo saya tidak salah.

    3. Untuk membuktikan kritikan antum alangkah baiknya antum buat gerakan sendiri lalu antum bebas berexperiment dgn golongan yg antum bentuk. Nah…kalo sudah terbukti metode antum lebih baik dan efektif baru kita diskusikan. Kalo hanya ngomong dan melemparkan wacana tanpa ada bukti dan data yg valid utk merubah atau mereview, RESIKONYA TERLALU BESAR. makannya antum jangan ASBUN. Pastikan antum berbicara pake data-data yg valid. PAHAM ANTUM. ana tunggu respon antum

    younediMay 20, 2013
  • Ustad pemilik bloq berkata :
    Metode khuruj dengan hitung-hitungan tertentu juga masih perlu didiskusikan.

    jawab:
    Tidak ada yg perlu didiskusikan ustad kalo antum tidak paham dengan pemikiran ulama atau maulana JT bukan berarti antum bisa berkata semaunya. yg merumuskan metode ini bukan orang awam bro… mereka yg menelurkan metode ini orang berimu, orang yg hafiz quran, orang yg menguasai 15 bidang ilmu yg dengan ilmu itu mereka memenuhi syarat mentafsirkan ayat al-quran, hadist.

    Dan fakta dilapangan metode ini efektif dalam kelangsungan dakwah dalam menyebarkan islam keseluruh penjuru dunia. Kalo antum hanya belajar dan mengkaji lewat asumsi dan prasangka saja tidak ada yg diambil hikmahnya dan dapat dibuktikan selain hanya menebar benih-benih permusuhan dan keragu-raguan. banyak hal-hal yg dapat antum lakukan daripada mengeluarkan suatu teori dan melemparkannya seolah-olah teori anda benar ( baca: Metode khuruj dengan hitung-hitungan tertentu juga masih perlu didiskusikan.).

    Makanya antum ana suruh tabayun karena dalam tabayun anda akan mendapatkan penjelasan yg detail dari sumbernya. dan bila anda ragu dgn org JT diindonesia antum bisa langsung keindia dan bertanya langsung pada pimpina tertinggi JT. daripada anda mengeluarkan stetment yg tidak jelas dan ngawur itu.

    younediMay 20, 2013
  • USTAD PEMILIK BLOQ BERKATA :
    India minded. Personil JT Indonesia terlalu dipengaruhi gaya berpakaian ala India. Itu bisa dilihat dari kesukaan memakai kurta (baju putih semi jubah), pakai sandal jepit dan kurang rapi.

    JAWAB:
    KALIMAT DIATAS ADALAH KESIMPULAN ANTUM YG SALAH DAN FATAL.
    SAYA MAU TANYA AMA ANTUM :
    Kalo terpengaruh dengan pakaian emangnya kenapa ? apakah hal itu diharamkan oleh agama ? bagaimana cara antum berpikir seperti orang awam saja ? Yang dilarang agama adalah yg auratnya terbuka, pakaian yg mengandung najis. atau dari bahan-bahan yg diharamkan ITU BARU TIDAK DIPERBOLEHKAN.

    tidak ada hubungan antara agama dengan adat pakaian yg dicela agama hanya karena dari budaya setempat, selagi syarat2 berpakaian tersebut memenuhi syarat berpakaian yg menutup aurat, terkena najis dan bahan2 yg diharamkan oleh agama.

    Sunan kali jaga salah seorang wali besar yg menyebarkan islam diindonesia, BELIAU berdakwah dengan pakaian adat JAWA. malah mengunakan wayang sebagai sarana dakwah. APAKAH ANTUM AKAN MENGATAKAN SUNAN KALI JAGA SALAH DALAM BERPAKAIAN. ISTIQHFAR ANTUM.

    bahkan

    younediMay 20, 2013
  • pemilik blok berkata:
    Hantam kromo. Dari semangatnya berdakwah sampai lupa etika berkomunikasi. Saat bersilaturrahmi pada ulama disamakan dengan cara ketika berbicara dengan orang yang buta huruf. Semua dalil yang dihafalnya keluar begitu saja tanpa rem. Padahal untuk mengambil hati orang pintar di bidang agama, cara terbaik adalah dengan bertanya, meminta saran dan petunjuk. Bukan menasihati. Bayangkan apabila anak TK memberi kuliah ilmu hitung pada seorang dosen matematika.

    jawab:
    terima kasih atas penilaiannya. ada pepatah yg mengatakan 1000 orang menilai sesuatu maka akan 1000 pula kesimpulannya. cara yg paling baik diajarkan oleh nabi saw adalah TABAYUN.

    Saya berani menjamin kata2 antum kurang tepat karena diJT setiap mereka keluar sebelum mendatangi orang kampung atau lingkungan sekitar mereka pasti bertanya apakah ada orang alim dan ulama disekitar lingkungan mereka khuruj. Jika ada, tradisi JT mendayanginya dan meminta nasehat dan ilmu dari orang alim tersebut. Tidak pernah amir rombongan atau orang JT yg tahu bahwa seseorang itu adalah ulama maka diperlakukan oleh JT seperti orang awam. ITU JELAS DUSTA YG BANYAK DISEBARKAN OLEH SALAFI-WAHABI. saya yg telah keluar khuruj dari thn 2002 belum pernah mendengar hal itu. KECUALI ORANG JT TIDAK MENGETAHUINYA.

    Bahkan orang alim tersebut dimuliakan oleh JT dengan cara memberi ceramah atau bayan didalam mesjid dimana orang JT keluar.

    Saya melihat pemilik bloq terlalu generalisasi. artinya jika ada seseorang JT yg berbuat sesuatu dimana sesuatu itu belum tentu dihalalkan atau dibolehkan oleh pimpinan mereka (baca: berbicara kpd orang berilmu/alim/ulama diperlakukan seperti orang awam).

    saya kasih contoh apabila ada orang nasrani yg melihat beberapa orang islam yg mencuri dan membunuh ditambah lagi penjara diindonesia penuh dengan penjahat/pelaku krimanal yg berasal dari orang islam, APAKAH ANTUM MEMBENARKAN PENDAPAT ORG NASRANI BAHWASANYA AGAMA ISLAM MENGAJARKAN KEJAHATAN DAN KRIMINALITAS. ?????

    INILAH KEBANYAKAN ORANG MENILAI JT BERDASARKAN HAWA NAFSUNYA? ADILKAH CARA MENILAI SEPERTI YG ANTUM CANTUMKAN ?

    KALO INI ADALAH SEBUAH HASIL RISET BERAPA BANYAK SAMPLE YG ANTUM PUNYA WAHAI USTAD. DAN PASTIKAN ANTUM PUNYA DATA VALID AGAR OMONGAN ANTUM BISA DIPERTANGGUNGJAWABAN. JANGAN HANYA DATA ANTUM DARI MULUT KEMULUT DAN MELIHAT SEGELINTIR ORANG LALU ANTUM BERPRASANGKA DAN MEMBUAT ASUMSI-ASUMI LALU ASUMSI ITU ANTUM BANGUN SEOLAH-OLAH ITU ADALAH FAKTA PADAHAL BUKTI-BUKTI ILMIAHNYA BAHWA HAL ITU DIBENARKAN (BERBICARA DGN ULAMA SEPERTI DENGAN ORANG ASWAM) TIDAK ADA . ITU NAMANYA FITNAH USTAD.

    ANA SIAP BERDISKUSI DISIN DENGAN ANTUM DALAM RANGKA WATAWA SAUBIL HAQ WA TAWA SAUBIL SABRI. DITUNGGU TANGGAPAN ANTUM.

    younediMay 20, 2013
  • Gak mau ah ama yang namanya JT, sukanya mijit-mijit badan, ceritanya aneh-aneh kadang gak masuk akal, ceritanya banyak ngibulnya, kalo ditanya lebih mendalam si ustadznya marah-marah, banyak teman kuliah juga gak lulus-lulus soalnya keluar terus kasihan ma ortunya..

    Mohamad GazaliApril 25, 2013
    • Tertib JT sangat jelas,

      pelajar hanya boleh keluar dalam satu bulan 1 hr (24 jam), setelah itu pulang harus belajar yg rajin, patuh pada orang tua.
      adapun tidak lulus itu jangan2 dia yg tidak mau belajar, bisa jadi hanya mementing ibadah saja. padahal semuanya sdh diberi pandangan penting jadi pelajar teladan.
      tentang cerita yg aneh2 jgn diterima mentah2 karena orang yg mengalami kisah tersebut apakah itu kisah orang pribadi atau kitab2 hadist, sejarah nabawiah atau al-qur’an.

      alik chartaMay 7, 2013
    • Mohamad Gazali on April 25, 2013 at 5:34 am said:
      kalo ditanya lebih mendalam si ustadznya marah-marah,

      JAWAB
      BISA ANTUM SEBUTKAN SIAPA NAMA USTADNYA AGAR TULISAN ANTUM TIDAK DIANGGAP MENYEBAR FITNAH !!!!

      banyak teman kuliah juga gak lulus-lulus soalnya keluar terus kasihan ma ortunya

      JAWAB
      BISA ANDA SEBUTKAN SIAPA TEMAN ANTUM YG NGAK LULUS2 ITU DIMANA DIA KULIAH, JURUSAN APA ? ANGKATAN BERAPA ? AGAR NANTI TEMAN2 ANA MENGCROSS CHECKNYA. APAKAH PERNYATAAN ANTUM BENAR ATAU FITNAH.

      Mohamad Gazali on April 25, 2013 at 5:34 am said:
      Gak mau ah ama yang namanya JT

      JAWAB
      JT tidak mulia hanya karena antum bergabung dengan mereka dan JT tidak akan hina hanya karena antum menolaknya.

      Kesimpulannya masuk ataupun tudak antum tidak ada pengaruhnya sama sekali BUAT JT. PAHAM

      younediMay 20, 2013
      • Ma’af ya mas bro ga usah ditanggapin ,kalau mau nanggapin ga usah emosi ,kalau emosi sama o’onya mas bro younedi .

        sofuanSeptember 15, 2013
        • hooh mas. debat kuwi gak apik. lek pingin paham, silahkan keluar bersama JT, atau ke TEMBORO.

          pak poyo wong jowoOctober 29, 2013
  • Berkat pertolongan Allah Subhanahuwata’ala anak PERTAMA saya sudah hafal al-Qur’an 30 Juz dan sekarang sudah mengajar di pesantren Tahfidzul Qur’an, anak kedua pun insyaAllah tahun ini akan disimak 30 juz Al-qur’an, anak ke-3 kelas 5 SD sudah hafal 6 juz dan anak ke-4 kelas 3 SD sudah hafal 3 juz al-qur’an. Saya berlindung kepada Allah dari sifat riya, ini sebagai rasa syukur saya sekeluarga kepada Allah Subhanahuwata’ala yang telah mendatangkan satu jamaah (JT) ke rumah saya th 1999 yang mengajak saya untuk bersama-sama berfikir atas pentingnya agama dan pentingnya usaha agama. Andaikan engkau tidak mendatangiku JT, maka dimanakah saya sekarang ??? asal bapak dan ibu tahu bahwa pada saat itu adzan magrib berkumandangpun saya masih di lapangan voli…..masih sesatkah saya sekarang !!!! Yaa Allah masih banyak sekali kedurhakaan saya kepada Engkau untuk itu ampuni saya yaa Allah yang Maha Pengampun….

    Pepen RopendiApril 12, 2013
    • mimpiku dan istriku,,,punya anak anak para penjaga Alqur’an,,,aamiiin ya Allah,,,,

      mohon do’anya Pak Pepen

      Boni AndikaAugust 12, 2013
  • bgi yg mengatakan sesat atau bidah tlg katakan dimana letak bidahnya…..kalo 4 bln 40 hari 3 hari ini adalah metode mempurmdah untk berdakwah seumur hdp…4 bln 40 hari 3 hari dkwah di tmpat lain kampung lain,kmudian plg kerumah krn punya tggungan keluarga pekerjaan dll,tp bukan brati brhenti..di tmpat tglnya msh ada dakwah lagi….shbt jg dmikian,mrk dkwah diluar daerah kmudian plg ke rumah,..jd ini metode sbgamana di pesntren ada metode blajar 8 thn,ini proses untk berjuang..apakah ini sesat?

  • assalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh…
    Afwan smuanya ikhwani fillah….kita lht gmana sistem kerja yg dibentuk maulana ilyas , kita lht dulu apakah sesuai dgn dakwah nabi atau tidak…
    1.nabi dahulu dakwahnya sendiri dari pintu ke pintu,lorong ke lorong…org2 yg menerima dakwah nabi juga langsung ambil usaha dakwah…ga nunggu pinter dulu….apa yg di dgr dr nabi di sampekan,awalnya quluu laa ilaha illalloh tuflihuun..ini krn dgn orang kafir..
    Maulana Ilyas juga awalnya sendiri membentuknya dr org2 mewat,krn mrk org Islam mrk di perkenalkan pntingx amal agama..keadaan org mewat jg parah seperti zaman jahiliyah…merampok membunuh ga sholat dll,stlh ada dakwah beliau keluar dr mrka para ulama,hafidhz Alquran dll…mirip2 kerja nabi membentk umat.
    2.nabi&para shbt dakwah dgn harta diri bhkan nyawa pun siap di pertaruhkan…mereka dakwah bukan meminta minta bntuan…dakwah yg dibentuk maulana ilyas jg dmikian…membwa bkal sndri2,alat msk sndri,dgn maksud tdk meminta bntuan org stempat…
    Ini di antara dkwah nabi..msh ada yg lain….tp terlalu panjang ntar.
    Dan hasil dari dakwah maulana ilyas bs kita lht bgaimana…brapa byk hafidhz alquran,aku pernah berkunjung ke india daerah barabanki di lucknow,dlm 1 kecmatan kurang lbh 3 ribu hafidhz alquran….lht aja ke pesantren al fatah ataupun magelang,rata rata yg pesantren adalah putra2 org yg ikut jamaah ini…
    Bagi yg ga stuju ataupun menganggap sesat sekarang coba anda buat suatu gerakan dakwah yg bs merekrut smua kalangan dr rakyat ampe pejabat,dgn syarat mrk siap berkorbn harta diri wkt mereka…krn ini hasl dkwah nabi.
    Adapun sbgian bsar org awam memang dmikian…nah knpa yg mrasa pnter ga mau dkwah?coba lht di pinggr2 jalan,para preman2,yg minum2..siapa yg ngajak mrk ke masjid?org2 jt kan?
    Anda2 sndri yg merasa rajin ibdah mlht hal yg dmikian gman perasaan kalian?adakah rasa risau dan prhtn?jadi kita jgn hanya pandai mengkritik tp berikan jg solusi…..kalo memang anda anda yg ga se7 dgn jt berikan solusi untk umat..
    Kemudian td ada ibu2 yg mengeluhkan suaminya ga bs di ajak komunikasi saat suami ge khuruj..memang dlm khuruj blajar twjuh,ga mkr2 urusan2 dunia..blajr minta pertlgan dgn doa….baik yg khuruj maupun yg di tgl…blajr ga tergntg pada suami,atau bpk…krn kelak jg akan dtg masanya akn ditgl slamanya.

  • Jemaah Tabligh itu bukan sesat.
    Masak orang itikaf 3 hari di Mesjid dibilang sesat ? Yang bilang orang islam juga ?
    Siapa bisa kasih jawaban, kalau ada yang itikaf di Mesjid dibilang Bid’ah. Bodohkah mereka, alias tak berilmu, atau mereka bukan orang islam, hanya namanya saja di situs internet ini. Ataukah mereka takut jemaah tabligh ini bakal berkembang pesat diseluruh dunia.

    Setelah itikaf 3 hari kemudian melakukan kegiatan Agama. Apa yang dilakukan oleh orang muslim di mesjid juga mereka lebih full melakukannya, tak ada yang bertentangan. Setelah 3 hari kemudian pindah lagi kemesjid berikutnya selama 3 hari lagi, demikian seterusnya sampai 13 mesjid untuk 40 hari atau 40 mesjid selama 4 bulan atau 120 hari. Lalu mereka kembali pulang dan mengamalkan dilingkungan masing masing.

    Kenapa harus berpakaian gamis atau hingga kelutut, bukan sampai pinggul saja ? Karena dengan berpakaian seperti itu tidak terlukis aurat kita (maaf buah zakar). Orang Melayu Riau atau Medan memakai sarung tambahan untuk menutupi hal tsb.

    Orang tabligh kalau keluar 40 dan 4 bln punya kesempatan untuk mengamalkan hadits berikut ini :” Telah menceritakan pada kami Uqbah bin Mukram dan Nashr bin Ali: Telah menceritakan pada kami Salam bin Qutaibah dari Tu’mah bin Amru dari Habib bin Abi Tsabit dari Anas bin Malik berkata: bersabda Rasulullah: “Siapa mengerjakan shalat (5 waktu) dengan ikhlas karena Allah selama 40 hari berjamaah dengan mendapatkan takbiratul ihram, dicatat untuknya dua kebebasan, yaitu bebas dari neraka dan bebas dari kemunafikan.” (H R.Tirmidzi)

    Coba hubungkan dengan Hadits umat islam terpecah menjadi 73 golongan. Untuk mempersingkat tulisan coba klik : http://icunabra.blogspot.com/2009/03/ketika-kebencian-menghilangkan-akal.html . Komentar oleh Anonim Senin, 25 Februari, 2013

    Semoga bermanfaat,

    nanangMarch 26, 2013
  • Aamiin…
    Allaahummaghfir Lahum…

    M. Syamsul H.March 24, 2013
  • بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    wahai umat muslim yg di muliakan Allah, pd jamaan para sahabat islam mengerjakan dakwah dgn Niat, Iklas, dan rndah Hati

    agama tidk memperbolehkan d’bicarakan atau d’dbatkan.
    yg jelas Belajar agama Harus tau Siapa gurumu dan dari mana dia belajar Agama.
    belajarlah kepd Ust/habaib lainnya, ingat Hadist dan Al-Qu’an adalah, kunci ibdh kita, belajarlah jika anda belum belajar, pelajarilah jika anda ingin belajar.
    belajar dari Luar 50 , tapi di dalamnya salah 0. ( Agama )
    belajar dari dalam 50 . tapi dari luarnya salah juga 0 . ( Dunia )
    belajarlah, Luar dan dalam, jika kita ingin menjadi orang yg taat agama.

    Sukran أَشهَدُ أَن لا اِلهَ إلا الله

    Massalamah

    Abdul Zaki Al-Amri LcFebruary 20, 2013
  • suami saya termasuk anggota jt. saya melihat sendiri ibadahnya sangat baik. selain mengerjakan yang wajib juga rajin ibadah sunat, seperti tahajjud. namun satu hal yg membuat saya sebagai istri tidak rela., saat khuruj mereka tidak ingin berkomunikasi dg keluarga terutama istri. alasan mengganggu ibadah. bahkan untuk sms pun tidak mau. berdosakah saya jika saya kesal ? semoga Allah melindungimu suamiku. (saat ini sedang khuruj 40 hari)

    hazihi zaujatukaFebruary 13, 2013
    • Semoga Allah memberkahi……ikhlash dan tawakkal….!

      edoMarch 24, 2013
    • asslamualaikum , ukhti suami saya juga JT, klo suami keluar memang sebaiknya kita tdk usah menghubungi. gunanya kita di tinggal supaya kita serahkan semua2 kepada Allah swt, kita belajar meningkatkan keyakinan kepada Allah swt. krn toh nanti kita juga akan di tinggal suami atau kita yg ninggalin suami selama2nya…….klo kita menghubungi rijal kita, apa lagi yg keluar 40 hari , 4 bulan. kasihan suami kita , klo teringat dengan keluarga……semoga bermanfaat ya ukhti. dan semoga hidayah bisa tersebar ke seluruh alam, aamiin.

      syifaMay 4, 2013
    • Assalamualaikum..suami saya juga ikut usaha jt.. pendapat saya jika nelp n sms sekadar memberi kabar kepada istri tak ada salahnya, apalagi pergi ke luar negeri misalnya IPB.tapi tergantung iman seseorang..

      zahrahJune 3, 2013
  • Ass.wr.wb. Syukron Ikhwan Fillah A. Fatih Syuhud atas pencerahan antum, semoga bermanfaat bagi ummat, terhindar dari segala prasangka. Ana khoir-khoir aja menyikapi JT, mungkin sudah puluhan kali ana ketemu dengan kelompok JT, namun ana belum pernah bisa ikut untuk melakukan khuruj sebagaimana yang mereka mau.
    Selamat berjuang JT dan perdalam ilmu keagamaan tidak terbatas pada kitab panduan saja, namun perluas dengan disiplin ilmu agama yang bisa digali dari berbagai ulama yang menguasai bidangnya; seperti ilmu nahwu shorof, ilmu mantiq, ilmu badi ma’ani, bayan, tafsir, dan cara baca al-quran dengan tajwid yang benar, serta cabang ilmu agama yang lain adalah sangat diperlukan untuk membekali diri dalam mengembangkan khasanah dakwah, agar dakwah lebih menggugah, lebih menyentuh, lebih menuju sasaran yang tepat. Semoga dengan demikian JT akan benar-benar menjadi kelompok yang disinyalir dan dipuji Allah “KUNTUM KHOIRO UMMATIN UKHRIJAT LINNAASI TA’MURUUNA BILMA’RUF WATANHAUNA ‘ANIL MUNKAR. Amiin

    alizawpindoFebruary 5, 2013
  • JT, teruslah kalian berda’wah semoga dengan asbab kalian Allah memberi berkah yang berlimpah kepada alam ini.

    taufikFebruary 5, 2013
  • Ya Allah berilah kami hidayah dan jadikan kami asbab hidayah keseluruh alam,
    …….Maaf ,dahulu sebelum saya iktu khuruj 3 hr sholat kami bolong2 sholat hanya kalau sempat tapi tidak ada satu orangpun yang peduli pada saya ,sekarang setelah ikut khuruj 3 hr alhamdulillah sholat 5 waktu berjamaah bisa terjaga,tapi malah di bilang sesat …gimana ini ustadz???

    AbdullahFebruary 5, 2013
  • ok bagus2

    mashurJanuary 27, 2013
  • Bung Syuhud, analisa cukup bagus. Saya senang sekali membacanya. Buat Galih Hermawan, sekedar diketahui, Bung Fatih Syuhud adalah sarjana politik lulusan India. Jadi saya duga beliau sudah pernah berkunjung ke tempat yang Anda maksud.

    Buat teman-teman ikhwah JT, terus maju, teruslah belajar, mari kita terus beramal dalam rangka menggapai ridha Allah Subhana wata’ala, Amiiin.

    Bung KateJanuary 22, 2013
  • jt hanyalah orang islam seperti yg lainnya.. gak ada satu plang namapun atau dimanapun yg mengklaim gerakan dakwah ini bernama jemaah tabligh.. jemaah tabligh sudh BUBARR.. yg ada hanya orang islam yg belajar perbaikan hidup..ya tentu secara personal mereka punya berbagai kekurangan.. tapi kebanyakannya selalu ingin memperbaiki dirinya.. yng ikut gerakan ini ada jutaan orang looh..jd jgn sembarangan dkatain sesat,klw kt salah nuduh tar di akhirat gmn tanggung jawabnya.. keburukan mereka yg segunung pun bahayanya ya untk mereka sendiri..tp keburukan anda(pembenci jemaah) yg sekrikil bahayanya untk anda sendiri.. jd kt baik sangka aja sm saudara kt org islam seluruhnya..mending kt sibuk perbaiki diri kt dulu.. allah firmankan JANGANLAH ENGKAU MERASA DIRIMU SENDIRI YG SUCI.. DIA ALLAH YG LEBIH MENGETAHUI SIAPA YG SEBENARNYA BERTAKWA.. klw para nabi ajapun masih merasa bersalah dan mohon ampun…gimana dengan kt/?////??

    hasan hamidJanuary 6, 2013
  • y Alloh pilih n istiqamahkn hamba dalam krja Da’wah (islah diri…)

    ARDCKRJanuary 5, 2013
  • sebelumnya minta maaf klo ada kata2 yg takberkenan,saya org awam (masih bodoh) mau tanya nich,apakah org seperti saya gk boleh ikut dakwah sambil belajar agama? dulu aku malas sholat,malas kemasjid,malas baca al qur”an,hidup ku penuh maksiat main game online trss….trs mikir dunia trs lupa sm allah…lupa lupa…tapi sekarang sukur alhamdulillah, semenjak ikut JT ,kebalik jadi suka kemasjid,ngaji..jarang main game.( BISA GK ORG MASIH BODOH BERDAKWAH ??) ada pertanyaan lagi dulu para sohabat kan ikut dakwah,itu dakwah sambil belajar apa belajar dulu, udah pintar agama baru dakwah?????…

    miftakhulkDecember 26, 2012
    • berdakwahlah sambil belajar. yang mengatakan belajar dan pinter dulu baru dakwah dari partai SA_LAFI ( Salah fikir dan Salah Fijak)

      edoMarch 24, 2013
  • Sy dl ga sholat, tiap hari minum jhonny walker
    Dirumah sy dibangun masjid oleh org tua saya, sy malah tidur di masjid dalam keadaan mabuk, malahan sy main judi di depan masjid

    Alhamdulillah teman sy jd asbab sy ikut jt, semuanya sy tinggalkan
    Mabuk, judi, perempuan

    Skr sy hanya punya 1 niat, Alloh islahkan diri saya dan tunjukkan amalan2 yg Alloh ridhoi…

    Abdurrahman DikwanDecember 23, 2012
  • wahai saudaraku,jamaah tablig bukanlah aliran ataupun golongan tertentu.tapi sama dengan orng biasa kayak kita(islam).jd,bagi saudara2 yg mengatan sesat itu hendakya berpikir sebelum ngomong.jk tidk bisa bicara baik lebih baik diam.teliti dulu baik2,jangan cepat menerima pendapat orang lain dan jangan terlalu cepat menyimpulkan.sibukkanlah dirimu untuk mengoreksi dirimu,sehingga dirimu tdk sempat untuk mengoreksi diri orang lain.koreksi dulu pada diri kita,apakah kita telah menjalankan perintah Allah secara benar???? orang yg merasa paling baik dari orang lain,berarti diri org itu terdapat sifat yang SOMBONG.

    miftahuddinDecember 20, 2012
  • Alhamdulillah… saudara penulis sungguh adil memberikan penilaian. saya setuju dengan kritik dan saran untuk para da’i yang mengajak kepada Allah secara berjamaah ini. memang betul kritik2 di atas itu harus diperhatikan. terutama masalah kurang ilmu, karna kalo di lihat dari banyaknya ahli maksiat yg akhirnya terpanggil menyerukan kepada Allah ini memang kebanyakan kurang ilmu. karna segala amal baik ada ilmunya, amal buruk pun ada ilmunya…
    tapi satu ilmu yang saya tau bisa menyelamatkan dunia dan akhirat, yaitu “amal yang didapat tergantung niat” (saya lupa hadistnya) dan sebaik2nya niat adalah ikhlas karena Allah…

    AbdullahNovember 10, 2012
  • jt, adalah jamaah yang berjuang di jalan Allah mereka berdakwah mengajak kepada amar ma’ruf nahi munkar, sholat jamaah di mesjid setiap waktu, mengajak orang lain berdakwah dari kampung ke kampung, dan sangat banyak orang yang tidak kenal agama,preman, ahli maksiat yang bertobat jadi ahli ibadah, ahli alquran, apakah jt pantas dianggap sesat?

    adiNovember 10, 2012
  • DIKAMPUNG KAMI PERNAH MASUK JT DAN DAPAT PENGIKUT ADA 3 ORANG DIAJAK MEREKA KHURUJ 3 HARI RIBUT RUMAH TANGGA MEREKA BERULANG KALI BERKELAHI, NAMPAKNYA MEMANG SELAGI JT DIJALUR AL QURAN DAN SUNNAH BAGUS SEKALI TAPI KEBANYAKAN PARA JEMAAH MEMANG MASIH PERLU MENIMBA ILMU TERUS DAN JANGAN MERASA TAKABBUR DAN HARUS BISA MENERIMA DAN MEMBAUR DENGAN MASYARAKAT JANGAN ASAL JOMOT DAN BUATLAH PENAMPILAN YANG RAPI DAN RAMAH LINGKUNGAN

    SYARIFNovember 9, 2012
    • betul sekali kalau kami lagi keluar, apalagi keluar lebih lama penampilan kami lusuh, kumel tidak rapi. Bagaimana tidak, pakaian yang yang kami bawa terbatas juga tidak membawa setrikaan lagi. Tapi percayalah bahwa kumel, lusuh tidak rapi itupun bagian dari sunnah orang-orang yang berdakwah. Coba baca riwayat bagaimana sayidatina Fatimah menangis melihat paduka Rasulullah Muhammad Salallahu a’laihi wassalatu wassalam sekembalinya dari berdakwah dalam keadaan sangat lusuh…..

      Pepen RopendiApril 12, 2013
      • smoga hidayah Allah tersebar ke seluruh alam. aamiin..

        syifaMay 4, 2013
      • Sudah seberpa besarkah pengorbanan anda untuk agama…?…itulah mereka para JT,yg telah meluangkan waktunya untuk dakwahkan kalimat Tauhid…memang mereka orang2 bodoh,yg berusaha memperbaiki diri dengan mengajak org lain dari rmh kerumah untuk taat kepada Allah dan rasulNya… Hari ini adakah Seorang Uztad atau Muballigh yg mau mendatangi rumah2 satu persatu…?,Inilah Usaha yg pernah di lakukan oleh Rasulullah SAW dahulu…

        YarhamAugust 7, 2013
        • Ada bro nasehat,tapi kalau diundang itupun yg datang yg dah biasa ngaji ( bukan ngasah biji ya,kasar ya , dah ga usah dibaca ya) yg doyan ma kursi direksi,jok motor ojek,ma yg lannya sopo yg ngingetin n datangi , bukan puasa ma bukan mulud ga undang ………. . Ada ga nasehat ? Jangan marah lagi dilatih sabar ma orang bodoh bin o’on .

          sofuanSeptember 5, 2013
      • Betul tuh kang pepen,setahu aku jt kalau dah dirumah ganteng2 n rapih 2 seperti aku yg punya tulisan ini he he , setahu aku juga jt ga mau ada ketergantungan ma mahluk jagi mereka siapkan perlengkapan selengkap- lengkapnya tapi bukan spt mo pindah rumah semua dibawa .
        Setahu aku juga tuan rumah yg baik berusaha memfasilitasi tamunya tamu yg baik b

        sofuanSeptember 12, 2013
        • Tamu ga bikin repot tuan rumah mas bro .

          sofuanSeptember 12, 2013
      • wong kurang pegaean ki yo ngono kuwi. ngelok ngelokno wae. gak mau kerja, kerjanya cuma ngkritiks saja. jangan balas kritik bro !

        pak poyo wong jowoOctober 29, 2013
    • SYARIF on November 9, 2012 at 3:52 am said:

      DIKAMPUNG KAMI PERNAH MASUK JT DAN DAPAT PENGIKUT ADA 3 ORANG DIAJAK MEREKA KHURUJ 3 HARI RIBUT RUMAH TANGGA MEREKA BERULANG KALI BERKELAHI,..dst.

      jawab
      bisa ana minta data yg valid siapa 3 orang itu apa nama kampungnya sama antum.? nanti akan kami cek kebenarannya melalui amir kami disana. perlu antum ketahui orang JT punya sistem mangement keanggotaan yg rapi dan terus diup date. dan setiap amir punya buku siapa yg baru ditaskil dan siapa anggota yg lama. jadi jangan antum berbicara jadi bhn ketawaan org JT, ketika antum tidak bisa menyebut sumbernya.

      banyak sekali fitnah seperti ini muncul dari orang yg dihatinya punya rasa dengki dan hasud. Jika antum berselancar dibloq-bloq salafi wahabi namyak cerita mereka bahwa keluarga JT terbengkalai, sengsara, mengemis kepada tetangga karena suaminya pergi khuruj tanpa meninggalkan nafkah materi. bahkan fitnah mereka sudah melampaui batas yaitu menuduh istri-istri JT ada yg menjual diri sebagai pelacur karena tidak ada yg mereka makan ..nauzubillah.

      ketika saya dimedan teman saya salafi juga pernah mengatakan difitnah2 kehancuran rumah tangga JT akibat mereka khuruj. lalu saya tantang mereka : ” kalo kalian bisa menyebut 1 orang saja, dimana rumah tangga mereka rusak atau hancur atau cekcok gara soerang suami pergi khuruj, lengkap nama, alamat keluarga yg hancur itu saya kasih kalian 1 juta rupiah. antum tahu jawaban mereka apa ? saya …hanya dengar dari orang saja… tidak lebih. Lalu saya tanya teman saya yg salafi-wahabi itu siapa yg mengatakannya tolong kasih tahu orangnya agar saya dapat sumber orang pertama yg akan menghantar saya kekeluarga yg hancur tersebut.

      antum tahu jawabanya ? ah…ndak pentinglah itu…. kalo benar diterima saja kalo salah ya…sudah lupakan saja. ..begitu entengnya mereka mengatakan hal seperti itu tanpa memikirkan akibat fitanah tersebut . rasulullah bersabda :
      CUKUPLAH SESEORANG ITU DIKATAKAN PENDUSTA JIKA DIA HANYA BERBICARA DARI APA YG DIA DENGAR. DARI TELINGANYA
      SEMOGA BERMANFAAT

      younediMay 20, 2013
  • Kurang jelas

    MusaOctober 25, 2012
  • terlepas dari segala kekurangan, mari kita dukung orang-orang yang punya niat ikhlas untuk berdakwah

    plazateknoOctober 20, 2012
  • Cuma kebodohan yang di kuasai sama penulis Fatih Syuhud….sehingga pikiran nya menjadi sempit, wawasan yang lemah. saya mau bertanya kepada penulis? apakah pernah melihat langsung kinerja dari jemaah tabligh?? apakah referensi yang penulis buat sudah kuat untuk di paparkan?? tlg di jawab ke email saya. terima kasih banyak. salam.

    MitunOctober 19, 2012
    • mitun….oh mitun. bertaubatlah dirimu……..! yang sempit dan lemah itu ente….!

      edoMarch 24, 2013
      • kita semua harus menyadari bahwa betapa lemahnya kita, sehingga apabila kita merasa lemah maka yang Maha Kuat akan menolong kita, apabila kita merasa kuat maka tidak akan datang pertolongan dari Yang Maha Kuat, sehingga syetan akan mendorong kita sehingga diri kita merasa yang paling kuat dan melemahkan orang lain….

        Pepen RopendiApril 12, 2013
      • orang JT itu kalo khuruj bukan puluhan mereka bertaubat atau minta ampun bahkan ratusan istiqfar mereka ucapkan dalam 24 jam. yg ana curigai itu antum sudah bertaubat atau belum ? hehehehehe

        younediMay 20, 2013
      • Aku ga dukung2an tapi aku banyak kenal aktivis jt apa yg ditulis banyak ga benarnya,makanya disempurnakan lagi tuh kajiannya, melalui observasi yang sempurna,analisanya juga disempurnakan apa lagi data dan sumber data perlu lebih akurat dan tapat ,kalau ada aktivis baru atau lama salah jangan digeneralisir sistimnya mereka dalam proses perbaikan diri .
        Nanti ada orang islam angkuh,sombong,merasa paling benar atau keras kapala,mau menang sendiri berarti islam salah,jelasnya ada sebagian aktvs sibuk khuruj pasti kurang waktu untuk nuntut ilmu nah kasih tahu deh tuh tapi cara ngsih tahunya juga harus pakai cara dan sudah faham ma jt luar dalam,untuk jt jangan alergi ma kritik kali aja ada benarnya tuh kritikannya roang 2 ntu he he buat penyempurna .
        Tambahan ustadz kita semua bukan tuhan yg harus ditelen mentah2 tuh , makanya ustadz kalau murid tanya jangan murid dibilang yahudi dong ,ma’lum tadz sekitar kita pada bicara dalil mau salah bener ada dalil hehe . Yg jelas orang o’on yg bergerak aja bisa menggoncangkan dunia ustadz,preman,pelejar,pejabat ikut sampai nangis jungking balik tobat ntu yg aku tahu dari jt .ma’af ya semua

        sofuanSeptember 5, 2013
        • Jt hanya belajar merperbaiki diri untuk ta’at ma Allah sambil belajar menghidupkan sunnah dng membiasakan diri 24 jam mulai dari banngun tidur sampai tidur kembali mudah2an bisa diamalkan secara istiqomah dan sambil mengajak saudara seiman yg lain untuk sama2 berlatih sesuai pribahasa ala bisa karna biasa.

          sofuanSeptember 15, 2013
  • Jazakumullaahu Khoir
    Kapan-kapan kalau ke India lagi, silaturrahim ke Aligarh Muslim University ya pak?

    Bapak akan melihat pertolongan Allaah ta’ala secara nyata asbab usaha da’wah ini di beberapa kaum intelektual di dalamnya.

    – Ada profesor di bidang ilmu Teknik yang hafizh Qur’an
    – Ada tukang bengkel yang hafizh Qur’an
    – Dan banyak keberkahan2 lain yang Allah karuniakan.

    Thanks.

    Galih HermawanOctober 18, 2012
  • Wah Islam terpecah-pecah gitu ya, ada jama’ah anu ada jama’ah inu. Tapi ya memang sudah sunatullah. Kalau saya beragama Islam cukup dengan Al Qur’an dan Hadits (yg shahih lho ya) yang pengamalannya sebagaimana para shahabat Nabi dulu. Sholat ya seperti sholatnya para shahabat. Puasa seperti puasanya shahabat dll. Lho kok kenapa shahabat? Ya karena para shahabat itu murid2nya Nabi. Kaum mukminin yang pertama kali mengamalkan ajaran Islam itu ya para shahabat, kalau beragama selain agamanya shahabat ya berarti beragama selain agama Islam. Kan dahulu pas zaman Nabi cuma ada Islam dan agama kekufuran (selain Islam). Apa-apa yang telah Nabi ajarkan kepada para shahabat maka itu lah agama Islam. Nah pertanyaannya, apakah khuruj itu pernah dilakukan para shahabat Nabi dahulu?

    DenggolOctober 11, 2012
    • Kalo emang bener2 mau seperti sahabat jangan naik sepeda motor naik unta sama kuda, zaman dulu gak ada…

      iqbalDecember 14, 2012
    • JT ohh JT….sadarlah wahai saudara ku…

      saifDecember 28, 2012
      • ente majnun

        edoMarch 24, 2013
      • JT ohh JT….sadarlah wahai saudara ku…
        jawab
        kalo mereka tidak sadar pasti mereka tidak khuruj. karena didalam aturan khuruj tidak diperkenankan bagi orang yg tidak sadar. Dan bagi mereka yg tidak sadar pasti tidak bisa mengamalkan program khuruj. contoh : membaca Al-Quran, keliling kampung mengajak orang taat pada Allah, mengamalkan sunah nabi saw, tahajud, menghadiri majelis dzikir dll. DAN SEMUA AKTIVITAS JT TERSEBUT HANYA MUNGKIN DILAKUKAN OLEH ORANG-ORANG YG SADAR. DAN DI JT KAMI TIDAK MENERIMA ORANG YG TIDAK SADAR. paham antum….gitu aja kok repot…

        younediMay 20, 2013
    • Denggol on October 11, 2012 at 3:06 pm said:
      Wah Islam terpecah-pecah gitu ya, ada jama’ah anu ada jama’ah inu. Tapi ya memang sudah sunatullah. Kalau saya beragama Islam cukup dengan Al Qur’an dan Hadits (yg shahih lho ya) yang pengamalannya sebagaimana para shahabat Nabi dulu.

      JAWAB:
      emangnya menurutmu orang JT itu berdalil pake apa ? kitab pedoman mereka apa ? Apakah antum mengira ulama2 JT berdalil pake buku kopingho ? atau majalah bobo’ ? pikir ucapan antum jangan asbun aja.

      younediMay 20, 2013
    • Denggol on October 11, 2012 at 3:06 pm said:
      Nah pertanyaannya, apakah khuruj itu pernah dilakukan para shahabat Nabi dahulu?

      JAWAB:
      antum sebelum berkomentar perhatikan dahulu apakah antum sudah paham apa yg antum katakan jangan pertanyaan antum menjadi bumerang bagi antum dan golongan antum sendiri.

      saya nau tanya : apakah antum orang NU ? jika antum orang NU atau mengamalkan yasinan, maulidan, isra’miraj, tahlillan dll. ? jika antum jawab iya maka ana balik tanya : apakah yasinan, maulidan, isra’miraj, tahlillan dll pernah dilakukan para shahabat Nabi dahulu ?

      kalo antum orang salafi-wahabi maka saya akan tanya apakah pengajian seminggu sekali, tabliqh akbar yg diadakan dimana laki, wanita dan anak2 berkumpul disuatu tempat dan pembagian tauhid menjadi 3 yaitu uluhiyah, rububiyah dan asma wa sifat yg kesemua itu pernah dilakukan sahabt nabi ?

      jika kedua point ( NU dan Salafi-wahabi) saya diatas tidak pernah dilakukan sahabat nabi lalu kenapa kalian melakukannya juga ?

      apakah antum akan menjawab dengan asumsi-asumsi mencari pembenaran agar yg antum lakukan itu benar sedangkan yg dilakukan JT salah maka saya minta dalil pengharaman khuruj, apa anda mampu. saya yakin anda tidak mampu. kalo pun ada itu hanya asumsi-asumsi saja. PAHAM

      younediMay 20, 2013
      • betul

        erikAugust 3, 2013
    • Beneran ikut cara sahabat nabi,sekolah ga ada dijaman nabi palagi SD 6 th,SMP 3th dst .
      Shalat shahabat ada yg panjaaaaaaaang suratnya ada yg pendek juga , gimana mirip ga ? He he ma’af ya

      sofuanSeptember 5, 2013
    • Khuruj itu salah satu metode memperbaiki diri untuk ta’at ma Allah dng ikut cara nabi muhammad sambil mengajak orang lain dng ikut didalamnya .
      Ikut aja sendiri jangan terlalu cepat ambil kesimpulan sebelum sempurna kajiannya ya,
      Ustadz kita bukan tuhan yg harus ditelan mentah2 ,sempurnakan kajiannya jangan ngga .

      sofuanSeptember 12, 2013
    • Asswrwbb mas bro ku sayang ( kt orang pinter barang siapa menyayangi mahluk yg ada dibumi maka mahluk yg dilangit akan meyayanginya )
      Kata orang pinter juga generasi pertama islam adalah kaum muhjirin dan ansor dan orang2 yg mengikuti jejak langkah merea dng baik maka Allah akan ridho dan mereka ridho atas hukum2 Allah .aktivis jt lagi belajar mengikuti jejak langkah shahabat yg lagi hijrah untuk urusan

      sofuanSeptember 21, 2013
      • Lanjutan , aktivis jt lagi belajar mengikuti jejak langkah shahabat yg hijrah untuk urusan agama,shahabat Abu bakar ketika baru masuk islam langsung ngajak orang dan dapat beberapa orang dan diserahkan ke nabi Muhammad untuk diajarkan tentang islam( ga nuggu jadi nabi dan memang ga bakal jadi nabi ),jadi jt hanya ngajak kalau ada yg mau ikut ya ujung2nya belajar agamanya ma guru juga sebab setahu aku preman aja baru mabok miras sekali dah bangga dan berani ngajak orang lain ga nunggu jadi premen tulen ,kalah cepet mas bro kalau kita ga bergerak cepat dalam mengajak orang untuk ta’at ma Allah ,( sekali lagi ngajak bukan ngajar,kalau didalam rombongan jt ada ustadz baru deh bisa belajar fiqih itupun ga di umumi tapi khusus atau infirod

        sofuanSeptember 21, 2013
        • Makanya jangan sangka jelek dulu ma saudara muslimya,kalau lagi ga khuruj mereka akan cari tuh ilmu agama untuk perbaikan dalam keta’atan maki Allah.
          Pengalaman aku sih setelah ikut jt ,semangat cari ilmu malahan semakin baik ( bukan dah baik ya ) aku pernah dan sering ikut majlis kwitang,dewan da’wah islam,hadir dimajlis ptdi pri york (alm amir piqi),nii,islam jema’ah,bahkan di nii aku dah dibaiat ma jadi warga negara islam indonesia,bagi aku dimana ada majlis disana dipuji Allah ma nabi Muhammad itu taman surga hadir aja fiqihya beda ga masalah( kasarnya emang gue pikirin he he ) trus aku juga pernah ikut pendidikan di ptdi priyork.
          yg aku dapat semakin sering hadir dimajlis2 tadi malah semakin menambah keyakinan aku ma da’wah

          sofuanSeptember 21, 2013
          • Sambungan – mas bro Yg dilakukan jt dengan metode khuruj dan materinya memudahkan orang untuk lebih mudah mengamalkan islam dan memahami islam,kalau ada orang pernah ikut jadi potokan menyalahkan jt kenapa orang yg masih aktip ga didengar dan ga di kaji lagi untuk pembenaran thd jt .

            sofuanOctober 12, 2013
  • Jamaah tabligh ada d kampung saya…dan beliau-beliau yang mengikuti adalah orang yang taat beragama dan bermasyarakat dengan baik…

    aulia macemOctober 11, 2012
  • Saya menyenangi mereka.

    ujang kutikOctober 11, 2012
  • doakan saya mau khuruj 4 bulan, walaupun harus terminal dari kuliah

    satono ibnu hannanOctober 10, 2012
  • ga ada yang salah dari JT.
    semua orang baik2.
    bahkan premanpun mau bertaubat setelah kami taskil

    satono ibnu hannanOctober 10, 2012
  • tulisan yg bagus, saya pernah ikut keluar bersama JT, dan saya liat mereka adalah orang2 yg baik, ingin berdakwah dan berkorban untuk agamanya, tidak ada yg sesat dari mereka, namun mereka juga harus bijak dengan kritik dari para ulama-ulama. Ilmu sangat penting berikut juga dengan pengorbanan keluar, ibarat sepeda, ilmu adalah roda depan , dan pengorbanan seperti roda belakangnya, Bayang kan bila roda depan tidak ada ? maka tidak terarah dan bisa masuk selokan, bayangkan bila roda belakang tidak ada ? seperti orang yg berilmu tapi tidak beramal, kebenaran hanyalah milik Allah SWT, mereka hanyalah orang2 yang ingin ikut seperti nabi SAW dan para sahabat nabi SAW

    ferdianzaOctober 1, 2012
    • saya sangat setuju denagan anda

      satono ibnu hannanOctober 10, 2012
  • Yang saya tau jamaah tablig itu, mengajak orang lain untuk btul2 islah (memperbaiki) diri agar kita bisa lebih dekat dengan allah, krn tidak ada ajaran mereka yang berpaling dari alqur’an dan hadist yg menjadi dasar hukum islam.

    bcakdon@yahoo.comSeptember 29, 2012
  • Tulisan ini enak dibaca ,saya berdoa semoga penulisnya mendapat barokah dari Allah SWT.JT identik dengan Muazin, lihatlah para muazin yang mengumandangkan Azan , tdk pernah mereka meninggalkan Masjid sebelum mereka sholat bersama para jamaah masjid. Demikian pula Jamaah Tabligh mereka akan sholat berjamaah dan belajar Ilmu agama dimasjid bersama orang yang ada di masjid.Merka keluar dgn harta mereka sendiri dan jiwa raga mereka digunakan untuk menyeru manusia ke jalan Allah mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW dan mencontoh para sahabat Ra yg telah sukses menguasai 2/3 dunia pada 14 abad yang lalu, Semoga kita mendukung usaha agama para Jamaah Tabligh ini dan bagi mereka yg menpunyai jalan lain silahkan jalankan dengan tujuan mengagungkan kalimah Laa ilahaillallah Muhammadarasullah.

    Ainal AsriSeptember 28, 2012
  • sebaiknya antum ikut keluar bersma jamaah, Insya ALLAH jadi tau…

    andiga putraSeptember 27, 2012
  • saya mengagumi jamaah dakwah, islam kaffah…….. semoga kita semua mendapatkan hidayah-Nya, aamiiiiiiiin…..!

    aisyahSeptember 5, 2012
    • Keblinger………..Baru tahu kulit luar agama sudah mengaku “faham”
      Bila pendapat berbeda dengan orang lain selalu bilang orang tersebut ndak “faham”
      Semoga kita diberi petunjuk! Amin Ya

      ahmadSeptember 6, 2012
      • eNTE Yg Keblinger! nggak ngerti agama ikut komentar!

        edoMarch 24, 2013
        • Lagi dilatih sabar mas ga usah dibalas dñg kejelekan ,sama aja gebleghnya

          sofuanSeptember 12, 2013
      • nggak faham!

        edoMarch 24, 2013
        • Bagus kalau ga faham apalagi masih ikut2an jangan pada berantem,biar guru2 kita aja yg pada berantem yg maksain harus ikut fahamnya dng dalil masing2 yg ga mau terima perbedaan argumentasi,

          sofuanSeptember 5, 2013

Leave a Reply